HM Wardan : Tidak Pernah Ada Kata Ragu Jika Paham Aturan

Inhil, Detakriaunews.com - Bupati  Indragiri Hilir tak henti  mengingatkan para Kepala Desa (Kades) untuk memahami peraturan yang berlaku dalam menjalankan tugas agar tidak ada keraguan saat mengambil kebijakan.
 
Pesan tersebut disampaikan Bupati Inhil, HM Wardan pada saat melantik dan mengambil sumpah jabatan Kepala Desa Bayas Jaya, M Ka`ap dan Kepala Desa Pekan Tua, Ibnu Sofyan, Kecamatan Kempas, Selasa (7/11/2017) siang.
 
Dalam prosesi pelantikan, diawal kedatangannya Bupati Inhil digotong diatas `Singa Depok` dan diarak menuju panggung pelantikan dengan sorak - sorai ratusan masyarakat Kecamatan Kempas.
 
Dua Kepala Desa yang dilantik itu, menurut Bupati, adalah sosok yang tidak asing lagi dalam kapasitas sebagai Kepala Desa. Sebab, dua Kepala Desa terpilih ini merupakan Kepala Desa yang juga menjabat sebagai Kepala Desa definitif pada periode sebelumnya.
 
"Saya memandang perlu bagi para Kepala Desa, dalam hal ini bagi kedua Kepala Desa yang baru saja dilantik untuk memahami peraturan yang berlaku, khususnya peraturan - peraturan yang berkaitan dengan Desa dan Pemerintahan Desa serta Keuangan Desa. Sebab, peraturan ini bersifat dinamis, setiap saat bisa berubah," papar Bupati panjang - lebar.
 
Disamping itu, Bupati juga berpesan, agar setiap Kepala Desa dapat mengerti dengan tugas pokok dan fungsi sebagai Kepala Desa selain memamahi berbagai peraturan sebagai pedoman sehingga arah dan tujuan kebijakan menjadi lebih jelas.
 
Selanjutnya, Bupati mengungkapkan, pelantikan kedua Kepala Desa tersebut merupakan langkah implementasi atas amanah Undang - Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, khususnya yang termaktub pada pasal 38 ayat 2.
 
"Undang - undang tersebut mengharuskan Kepala Desa terpilih untuk bersumpah atau berjanji sebelum memangku jabatan sebagai Kepala Desa definitif. Barusan amanah tersebut kita lakukan dengan disaksikan langsung oleh masyarakat," ungkap Bupati.
 
Tidak hanya disaksikan oleh puluhan masyarakat Desa, yang terpenting, dikatakan Bupati, pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ini disaksikan oleh Allah SWT.
 
"Sumpah yang diucapkan tidak hanya sebatas janji lisan semata, melainkan memiliki pertanggungjawaban dihadapan Yang Maha Kuasa, Allah SWT. Bagaimana para Kepala Desa ini merealisasikan janji dan amanah yang diberikan masyarakat selama menjabat nanti," urai Bupati.
 
"Kedepan, sudah banyak tugas yang menunggu saudara. Laksanakan tugas dan pegang amanah dengan sebaiknya," pesan Bupati seraya mengatakan kedua Kepala Desa yang dilantik meruapakan output dari Pilkades serentak Kabupaten Inhil yang diselenggarakan pada tanggal 30 Agustus lalu.
 
Sebagai tambahan, dengan dilantiknya 2 (dua) orang Kepala Desa dari Kecamatan Kempas ini, maka total Kecamatan se - Kabupaten Inhil yang telah melaksanakan pelantikan adalah 4 Kecamatan, terdiri dari Kecamatan Tembilahan Hulu, Kecamatan Concong, dan Kecamatan Batang Tuaka.
(Adv/Kominfo/YC)

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).