Ini Penjelasan Kenapa Jepang Yang Lolos Bukan Senegal

  • DRN
  • 29 Jun 2018, 18:16:38 WIB

VOLGOGRAD, Detakriaunews.com - Drama di Grup H Piala Dunia 2018 berakhir manis buat Jepang, pahit untuk Senegal.

Dalam dua matchday ketiga yang digelar bareng, Jepang vs Polandia dan Senegal melawan Kolombia, mengantar Jepang dan Kolombia lolos ke 16 Besar.

Jepang. Meski kalah 0-1 dari Polandia di Volgograd Arena, Kamis (28/6) malam WIB, Tim Samurai Biru berhak lolos.

Senegal, juga kalah 0-1 dari Kolombia. Nah, Jepang dan Senegal sebenarnya punya jumlah poin yang sama, agregat gol sama, head to head sama. Cuma satu yang membedakan mereka.

Itu adalah jumlah kartu kuning. Sesuai aturan, jika semua perhitungan lolos sama maka fair play points berlaku.

Dari tiga pertandingan, Jepang memiliki empat kartu kuning. Satu saat melawan Kolombia, dua saat berhadapan dengan Senegal dan satu lagi saat meladeni Polandia.

Sementara Senegal mengantongi enam kartu kuning, yakni dua saat melawan Polandia, tiga saat melawan Jepang dan satu saat berhadapan dengan Kolombia.

Di klasemen akhir, Kolombia menjadi juara grup, disusul Jepang, Senegal dan Polandia. Ini adalah untuk pertama kalinya, sebuah tim lolos atau gagal ke fase berikutnya dari penyisihan grup, gara-gara fair play points.

Pada 16 Besar, Kolombia akan berhadapan dengan runer-up Grup G (Inggris atau Belgia), sementara Jepang meladeni juara Grup G (Inggris atau Belgia). (jpnn)

 

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia