Ketua Dan Wakil Ketua Pansus Nyelonong Ke Kemen-LHK, Dedet Geram

Detakriaunews.com - Tanpa adanya konfirmasi terlebih dahulu kepada Pimpinan DPRD Riau, Ketua dan wakil ketua Pansus RTRW DPRD Riau melakukan pertemuan dengan Kementrian LHK RI beberapa waktu lalu, maksud dan tujuan mereka yakni mengusulkan penambahan kawasan hutan yang akan diputihkan dalam RTRW Riau.
 
Wakil ketua DPRD RIau Noviwaldy Jusman mengatakan, pihaknya mendapat informasi kepergian ketua dan wakil pansus tersebut untuk memberikan peta penambahan kawasan yang akan diputihkan sebanyak 497 ribu hektar di beberapa Kabupaten kota yang ada di Riau.
 
"Ke depan, ini tidak boleh. Seharusnya, segala pertemuan mesti diberitahu ke pimpinan dewan, pun didampingi salah seorang pimpinan. Ini tidak, mereka berdua pergi ke kementeriaan begitu saja," ujarnya
 
Ia pun berharap hal seperti itu tidak terjadi lagi, baik tim pansus maupun Pemprov harus bekerja sesuai prosedur dan transparan. Sebab, Perda yang akan dilahirkan nantinya akan  sangat rentan terhadap hasutan dari pihak luar.
 
"Pastikan daerah hutan lindung yang digarap dikembalikan menjadi hutan dan penggarap diusulkan untuk ditangkap, Utamakan fasilitas umum saja yang dimohonkan untuk diputihkan," terangnya.
 
Sementara itu, saat dikonfirmasi kepada ketua pansus RTRW DPRD Riau, Asri Auzar  mengatakan, pihaknya membantah sudah memberikan peta tersebut kepada pihak Kementrian.
 
"Kalau pimpinan bilang sudah diserahkan, mungkin dia perkirakan saja. Kita lah yang tau persis sudah atau belumnya data itu diserahkan,kalau bahasanya menyerahkan tentu ada hitam diatas putih,"ungkapnya
 
Pokitisi Demokrat tersebut menjelaskan,jika pihaknya memberikan penambahan luas lahan kepada Kemen LHK, maka pihalnya akan melakukan pertemuan terlebih dahulu dengaan kepala daerah dan pemangku kepentingan yang ada di 12 kabupaten kota se Riau.
 
"Kita panggil lagi kabupaten kota, karna yang tau tentu daerah masing-masing. Dan pastinya akan kita bahas dulu apa yang akan diusulkan tersebut dengan pihak-pihak terkait,"tutupnya. (Dp)

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).