100 Koperasi di Kuansing Terancam Dibekukan

07 Okt 2015, 17:08:56 WIB
Taluk Kuantan, Detakriaunews.com - Dari 263 jumlah koperasi yang terdaftar di Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kabupaten Kuantan Singingi, 100 diantaranya terancam dibekukan. Hal ini dikatakan oleh Kadiskopindag - Tarmis, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (07/10) siang.
 
Menurut Tarmis, selain tidak melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT), koperasi yang terancam dibekukan ini karena tidak aktif dan bahkan sebagian sudah tidak memiliki kantor.
 
"Setelah kita evaluasi pada 2014 silam, ada sekitar 100 koperasi yang terdaftar tapi tidak aktif lagi," ujar Tarmis.
 
Namun dari jumlah tersebut, saat ini katanya ada sebagian yang aktif kembali setelah pihaknya menyurati koperasi terkait dan telah melakukan RAT.
 
"Sebelumnya mereka kita surati, bahkan Camat maupun pihak perbankan seperti Bank-Bank yang ada kita surati. Karena sebelum kita bekukan, siapa tahu nanti koperasi tersebut masih ada keterkaitan dengan Bank, maka harus diselesaikan terlebih dahulu. Untuk itu kita beri tenggang waktu satu tahun, nanti baru kita evaluasi kembali. Seandainya memang harus kita bekukan, maka akan kita lakukan," bebernya.
 
Selain itu Tarmis juga mengatakan, bahwa untuk jumlah koperasi yang paling aktif di Kuansing katanya berjumlah 81 koperasi pada tahun 2013 dan di tahun 2014 bertambah menjadi 94 koperasi.
 
"Itu hasil evaluasi kita kemarin. Sedangkan untuk tahun 2015 ini akan kita evaluasi di 2016 mendatang karena jadwal mereka melakukan RAT sesuai aturan Januari hingga Juni 2016," tutup Tarmis. (PAT)

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

loading...