135 Hektar Lahan Terbakar di Meranti, Bencana Asap Mengancam Riau

  • DRN
  • 14 Feb 2018, 14:06:36 WIB

Meranti, Detakriaunews.com – Meski baru saja mendapatkan penghargaan dari BNPB pusat karena Riau berhasil bebas asap, namun ternyata ratusan hektar lahan di Kabupaten Kepulauan Meranti justru hangus terbakar. Memasuki hari ke lima, Tim Satgas Karhutla Riau masih berjibaku menaklukkan api.

 

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Meranti, M Edy Farizal menjelaskan, bahwa saat ini luas lahan yang terbakar sekitar 135 hektar. Kasus karhutla tersebut terjadi di Desa Lukun, Kecamatan Tebing Tinggi Timur.

 

“Kebakaran terjadi pada Jumat (09/02) lalu, kita perkirakan sudah 135 hektar lahan yang terbakar. Selain di Desa Lukun, kebakaran juga terjadi di Jalan Abdul Rahman Desa Tanjug Sari Kecamatan Tebing Tinggi Timur,” ujar Edy.

 

Hingga saat ini, tim gabungan masih berjibaku melawan api untuk memadamkan api yang membakar hutan dan lahan di Meranti.

 

“Kita berharap segera padam, sampai saat ini TIM BPBD dan Bhabinkamtibmas Polsek Tebing Tinggi masih berjibaku di lokasi,” beber Edy.

 

Edy menambahkan, bahwa kendala dilapangan adalah hembusan angin yang cukup kencana dan memicu munculnya fire spot baru. Selain itu, areal yang terbakar sudah meluas sehingga tim tidak bisa menjangkaunya. BS

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia