200 Hektar Lahan di Kampar Siap Disulap Jadi Kebun Kurma Riau

  • DRN
  • 10 Jun 2018, 16:52:14 WIB

Kampar, Detakriaunews.com – Seluas 200 hektar lahan kosong atau lahan tidur yang berada di Kecamatan XIII Koto Kampar – Kampar, saat ini telah disulap menjadi kawasan perkebunan Kurma terbesar di Riau. Jika ini berhasil, maka Riau akan menyandang gelar baru yakni sebagai provinsi penghasil kurma terbesar di Indonesia.

Pemerintah Kabupaten Kampar terus melakukan sejumlah inovasi baru dalam memajukan negeri serambi Mekkah, salah satunya dengan menanam ribuan pohon Kurma yang diprakarsai oleh PT Kawasan Kurma Riau (PT. KKR). Dimana, pihak perusahaan telah menanam ribuan pohon kurman di lahan seluas 200 hektar, yang dibiayai oleh sekitar 2.300 warga sebagai penyandang donasinya.

Kepala Desa Ranah Sungkai, Adiyanto mengatakan, dengan dibukannya kawasan Kurma Riau di wilayah desa mereka, semoga bisa mengurangi angka pengganguran. Pasalnya, tenaga kerja yang direkrut merupakan warga tempatan.

“Kini banyak warga kami yang berprofesi sebagai petani kurma, ini merupakan sebuah kesempatan bagi masyarakat untuk memperbaiki kondisi ekonomi keluarga. Selain sebagai petani, ada juga yang berprofesi sebagai guide atau pemandu wisatawan karena kawasan perkebunan kurma tersebut, berada di pinggiran waduk PLTA XIII Koto Kampar,” ungkapnya.

Sedangkan Menejer PT. KKR, Akmal mengatakan, hingga saat ini lahan yang telah berhasil digarap seluas kurang lebih 70 haktare. Sedangkan nasabah yang telah memiliki lahan di lokasi tersebut, kurang lebih berjumlah sebanyak 2.100 orang.

“Saat ini sudah kita garap 70 hektar, tapi masih ada sisinya sekitar 130 hektar lagi yang mau digarap. Saat ini, sudah ada kurma yang berbuah dan telah kita jual. Masyarakat sangat antusias, rasanya sama dengan buah kurma dari Arab sana, pokoknya tidak mengecewakan,” beber Akmal.

Kurma Thailand yang ditanam di Riau ini sangat cocok dan tidak terlalu ribet dalam mengurusnya. Bahkan rencananya, kawasan ini akan dijadikan sebagai lokasi agrowisata andalan Kampar yang nantinya akan menjadi daya tarik bagi wisatawan lain untuk berkunjung ke Riau. (BADAI/RTV)

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia