5 Tips Sederhana Keluarkan Batu Ginjal

  • DRN
  • 10 Jul 2018, 13:44:57 WIB

Jakarta, Detakriaunews.com - Mendengar kata batu ginjal mungkin yang kamu pikirkan operasi adalah solusinya. Padahal, ukuran dari batu ginjal tersebut juga menentukan apakah dibutuhkan jalur operasi atau tidak untuk mengeluarkannya.

Batu biasanya membutuhkan waktu beberapa minggu hingga beberapa bulan untuk keluar, tergantung pada jumlah batu dan ukurannya. Beberapa keluhan yang biasa muncul ketika mengalami masalah ini semisal frekuensi ingin buang air kecil yang meningkat yang disertai rasa sakit.

"Jika kamu mengalami gejala-gejala ini, temui dokter perawatan primermu," kata Dr Brian Eisner, co-director of the Kidney Stone Program di Harvard-affiliated Massachusetts General Hospital.

"Ia kemungkinan akan melakukan urinalisis dan ultrasound ginjal, rontgen perut, atau CT scan untuk memastikan batu ginjal adalah sumber rasa sakitmu dan menentukan ukuran dan jumlahnya.

"Nah untuk membantu mengeluarkan batu ginjal yang masih berukuran kecil, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan seperti dikutip dari website resmi Harvard. Berikut di antaranya.(Detik.com)

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia