6 Hal yang Buat Wajah Tampak Tua Sebelum waktunya

  • DRN
  • 07 Agu 2018, 09:30:52 WIB

Detakriaunews.com -  Ketika masih muda mungkin kita tak membayangkan bagaimana jika kulit kita sudah memiliki kerutan, garis halus atau vlek. Sayangnya, banyak kebiasaan yang dilakukan ketika muda akan berdampak saat tua nanti.

Termasuk kebiasaan-kebiasaan buruk yang dilakukan, hingga makanan atau minuman yang dikonsumsi. Dermatolof Dr. Debra Jaliman, MD menyebutkan setidaknya enam hal yang membuat seseorang akan cepat tua.

1. Pola makan Menurut Jaliman, terlalu banyak konsumsi gula dapat memberikan efek negatif pada kulit dari waktu ke waktu.

"Gula akan mengikat kolagen dan mengeraskannya, sehingga membuat kulit lebih cepat mengalami penuaan," ujrnya.

2. Terlalu banyak alkohol Alkohol dapat membuat kulit dehidrasi dan memperbesar pembuluh darah di kulit. Sehingga kulit tampak memerah. Kondisi kulit yang dehidrasi akan tampak lebih tua. Selain itu, rosacea atau ruam wajah akan lebih parah.

3. Sarung bantal Kulit beregenerasi setiap malamnya.

Jadi, penting bagi kita untuk memiliki tidur yang berkualitas. Jaliman menyarankan penggunaan bantal satin, sehingga kulit tidak tergesek sarung bantal. Hal ini, kata dia, bisa mengarah pada munculnya kerutan di wajah ketika kita menengok kanan dan kiri di malam hari.

4. Berjemur Jika kamu suka berjemur, gunakan tabir surya sepanjang waktu. 

Kerusakan kulit yang ditimbulkan sinar matahari bersifat kumulatif. Bahkan paparan hanya selama 10 menit saja bisa menimbulkan dampak berkepanjangan yang memunculkan masalah besar dan penuaan kulit berlangsung lebih cepat.

Pastikan penggunan tabir surya yang tepat di seluruh tubuh yang mampu melindungi kulit dari sinar UVA (yang masuk ke dalam pori-pori kulit) dan UVB (yang membakar kulit).

5. Merokok Merokok sama sekali tak memiliki efek baik, termasuk bagi kulit. "Penting untuk menghindari asap rokok karena merokok bisa menurunkan suplai darah ke kulit dan menyebabkan kerutan pada wajah secara umum," kata Jaliman.

6. Polusi udara Polusi udara dapat merusak kulit kita. Itulah mengapa, terlalu banyak paparan polusi memiliki dampak buruk. Jaliman menyarankan untuk melakukn eksfoliasi kulit setiap malam menggunakn kain basah untuk menghilangkan kotoran dan sel kulit mati.

Kita juga disarankan untuk menggunakan produk perawatan kulit yang kaya antioksidan. Antioksidan mampu memerangi radikal bebas dari agresor lingkungan, seperti polusi. (KOMPAS.com)

 

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia