7 Makanan Khas Buka Puasa dari Berbagai Negara di Dunia

  • DRN
  • 15 Mei 2018, 10:27:58 WIB

Detakriaunews.com - Selama bulan Ramadan, magrib menjadi waktu yang paling ditunggu-tunggu untuk berbuka puasa dan menikmati hidangan lezat yang telah disediakan di rumah.

Setiap keluarga pasti memiliki hidangan buka puasa favorit yang selalu ada. Nah, begitu pula dengan negara-negara di dunia. Setiap negara ternyata punya hidangan kuliner khas Ramadan yang biasa disantap untuk buka puasa.

Inilah 8 makanan khas buka puasa dari berbagai negara di dunia yang dihimpun dari berbagai sumber.

Turki
Gullac dari Turki. (Instagram)

 

Salah satu hidangan khas buka puasa di Turki adalah Gullac, sejenis makanan penutup yang terbuat dari tepung maizena, terigu, dan susu. Gullac terdiri dari lembaran pastry yang di atasnya ditaburi buah delima. Kue tradisional ini sudah ada sejak Kekaisaran Ottoman pada 1400-an.

Maroko
Hidangan buka buasa yang sangat khas di Maroko adalah harira, semacam sup kental yang berisi campuran beras, kacang, daging sapi, dan buncis. Untuk memperkuat rasa, harira dimasak dengan bumbu-bumbu rempah seperti kunyit dan jahe.

Harira dari Maroko. (Instagram)

Arab Saudi
Sesuai sunnah Rasulullah SAW, memakan kurma dengan jumlah ganjil disarankan untuk berbuka puasa. Itulah yang dilakukan kebanyakan penduduk Arab Saudi.

Kurma dari Arab. (Instagram)

Aljazair
Chekchouka pada dasarnya adalah makanan pokok dari Afrika Utara. Namun, ini menjadi sajian yang paling sering disantap oleh penduduk Aljazair. Chekchouka adalah makanan yang terbuat dari bahan utama telur rebus dicampur saus tomat, cabai, dan bawang, kemudian dibumbui dengan jintan.

Chekchouka dari Aljazair. (Instagram)

Indonesia
Aneka jenis kolak menjadi hidangan yang paling dinanti-nanti saat buka puasa. Sebut saja mulai dari kolak pisang, kolak ubi, atau kolak labu. Ya, kolak memang hidangan buka puasa yang tak bisa ditolak orang Indonesia yang gemar rasa manis.

Kolak dari Indonesia. (Instagram)

Malaysia
Bubur lambuk merupakan bubur khas Malaysia yang terdiri dari campuran sayur, rempah-rempah, ayam atau daging sapi, dan sereh. Bubur lambuk enak dinikmati selagi hangat.

Bubur lambuk dari Malaysia. (Instagram)

Mesir
Terbuat dari labu squash, sumsum, atau zucchini, mahshi menjadi hidangan favorit untuk buka puasa di Mesir. Mahshi adalah sajian sayuran yang kaya rempah dan disantap dengan campuran nasi. Mahshi biasanya dijadikan makanan utama atau sebagai makanan pendamping.

Mahshi dari Mesir. (Instagram)

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia