Ada Anggaran Siluman Di APBD-P Pekanbaru Senilai Rp1,6 Miliar, Ulah Siapa Ini?

Pekanbaru, Detakriaunews.com – Kendati APBD Perubahan Pekanbaru tahun 2017 sudah diketok palu, namun Komisi IV DPRD Pekabaru dikagetkan dengan hadirnya dugaan anggaran siluman senilai Rp 1,6 miliar di Dinas Lingkugan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Pekanbaru. Pasalnya, anggaran yang diperuntukan untuk sewa mobil pengakut sampah tersebut, sebelumnya justru tidak pernah dibahas oleh DLHK selaku mitra kerja Komisi IV.

Tak ingin kecolongan, Komisi IV DPRD Pekanbaru menggelar hearing bersama dengan DLHK Pekanbaru dan perusahaan pemenang tender sewa mobil yakni PT Sedayu Citra Mobil bertempat di ruang Komisi IV DPRD Pekanbaru, Senin (13/11) sore. Hanya saja, pihak perusahaan tidak hadir sedangkan DLHK diwakili oleh Zulkarnain selaku Kabid Pengelolaan Sampah DLHK Pekanbaru. 

Ketua Komisi IV DPRD Pekanbaru, Roni Amriel mengungkapkan, bahwa pihaknya selama ini tidak pernah membahas anggaran untuk sewa mobil tersebut. Dari data yang diperoleh, anggaran sebesar Rp 1,6 miliar tersebut dipergunakan untuk sewa mobil jenis cold diesel roda 4 dan roda 6 sebanyak 50 unit selama 55 hari kerja.

"Kami terkejut, kok tiba-tiba ada anggaran sewa mobil. Jelas ini anggaran siluman, karena DLHK tidak pernah membahas bersama kami. Ini perlu ditelusuri lebih lanjut," kata Roni di dampingi oleh beberapa anggota Komisi IV lainnya, Senin (13/11) sore.

Hal senada juga diungkapkan oleh anggota Komisi IV, Herwan Nasri. Dijelaskannya, sewa mobil tersebut terlalu dipaksakan karena hanya di sewa selama 55 hari saja hingga akhir tahun 2017 mendatang.

"Ini suatu keanehan. Kok untuk sewa mobil angkut sampah aja selama 55 hari bisa habis Rp 1,6 miliar. Berarti setiap hari itu, uang sewanya sekitar Rp 582 ribu per mobil. Lalu, untuk selanjutnya (tahun depan) bagaimana pengelolaan sampahnya. Bisa jadi, PT Sedayu Citra Mobil ini nanti menjadi pengelolanya, kita kan tidak tahu. Kenapa kita di DPRD tak diberitahu. Ada apa ini," tegasnya. 

Hadirnya anggaran Rp 1,6 miliar untuk sewa mobil angkut sampah dalam APBD-P 2017 lalu, menimbulkan tanda tanya besar di benak anggota DPRD Pekanbaru. Karena saat pembahasan APBD-P 2017 lalu, Komisi IV DPRD Pekanbaru telah menyetujui anggaran senilai Rp 6,9 miliar yang diperuntukan bagi DLHK Pekanbaru tanpa ada item untuk sewa mobil angkut sampah. BRB

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).