Air Rebusan Mie Instan Ternyata Tak Perlu Dibuang, Ini Kata Ahli Gizi!

Detakriaunews.com - Siapa dari kalian yang sering membuang air rebusan mie instan sebelum dikonsumi? Bisa jadi ini karena banyak anggapan yang menyebutkan kalau air rebusan mie instan harus dibuang karena menggandung lilin. Namun benarkan anggapan ini?

Dilansir Kompas.com, menurut ahli nutrisi Susan SPT, Msc, anggapan air rebusan mie instan mengandung lilin tidaklah benar. Rebusan mie instan terlihat keruh karena minyak dan karbohidrat dari tepung yang keluar dari mie saat direbus. Sementara Dilansir Republika.co.id, menurut Prof. Dr. Hardinsyah, MS, Guru Besar Departemen Gizi Masyarakan FEMA Institut Pertanian Bogor (IPB), saat kita mengganti air rebusan mie, itu justru malah membuang vitamin di dalam terigu yang larut dalam air ketika dimasak.

Prof. Hardiansyah juga menambahkan, idealnya mengonsumsi mie instan ditambah dengan sayuran dan protein. Namun, selebihnya tidak perlu dikhawatirkan karena selama produk memiliki izin BPOM aman dikonsumsi selama masa kadaluarwasanya belum habis.
Meski menyatakan aman, Prof. Hardiansyah menyarankan agar tidak sering-sering mengonsumsi mie dengan nasi karena sama-sama mengandung karbohidratnya seperti yang dilansir Tribunnews.

Hal itu dikhawatirkan bisa mengakibatkan penumpukan kalori yang berakibat obesitas atau tingginya gula darah.
Dan mengenai bahaya konsumsi mie instan sebagai pemicu kanker, banyak pendapat yang mengaitkan ini karena terlalu banyak mie instan akan mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap gizi. Selain itu, kandungan MSG dan natriumnya yang tinggi tidak baik untuk tubuh.

Pada akhirnya, semua kembali pada diri sendiri. Kesehatan kamu akan sangat tergantung pada asupan gizi dan gaya hidup sehari-hari. Jadi, pastikan kamu selalu mengontrol makanan agar tidak berakibat buruk pada kesehatan.***

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).