Akbar Tanjung : Golkar Kiamat Gara-gara Setnov

Detakriaunews.com - Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar Akbar Tandjung mengaku prihatin dengan kondisi partainya. Hal ini seiring dengan status Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto (Setnov) yang kembali ditetapkan sebagai tersangka untuk kedua kalinya oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus korupsi e-KTP.


Akbar mengaku dari survei menyebutkan opini publik terhadap partainya terus menurun akibat "sang komandan" menyandang status tersangka. Dia menyebutkan opini publik bukan lagi menurun,tetapi terus terjun bebas. Bahkan, mantan Ketua DPR ini khawatir partainya "kiamat" akibat status tersangka Setnov. Dia mengaku ada survei yang menyebut bahwa Partai Golkar kini hanya mendapat perolehan suara 7 persen. Angka itu, kata dia, terus mengalami penurunan.

"Kalau tren penurunan itu terus 6 persen, 5 persen, bahkan kemudian bisa di bawah 4 persen. Kalau dia di bawah 4 persen, boleh dikatakan, ya dalam bahasa saya, bisa terjadi kiamat di partai Golkar ini," kata Akbar di Kompleks Parlemen, Senayan,Jakarta, Selasa (14/11).

Menurut Akbar, publik melihat sosok ketua umum dalam melirik partai politik. Dia mengatakan, apabila ketua umum merupakan sosok yang tak diterima oleh publik, maka akan berpengaruh pada perolehan suara mau pun prestasi sebuah partai. Maka dari itu, meski tak tegas, dia menyinggung soal perlunya ada pemimpin baru untuk partai berlambang pohon beringin ini.

"Kalau pemimpinnya di mata publik katakanlah tidak akseptabel, bisa mengakibatkan tren publik juga memberikan penilaian terhadap Golkar juga mengalami penurunan," ujarnya.

Akbar meyakini keberhasilan satu partai atau justru kemunduran partai bergantung pada sosok pemimpinnya. Akbar yang juga pernah menjabat sebagai ketua umum ini menilai sosok pemimpin sangat vital dalam satu partai politik dan dapat menjadi "patokan" bagi masyarakat untuk menilai partai politik.

"Kita anggap terbaik untuk Golkar, termasuk perubahan dalam kepemimpinan. Karena pemimpin ini juga yang akan menentukan daripada keberhasilan partai, dan pemimpin itu pun juga akan bisa mempengaruhi bagaimana opini publik terhadap partai," kata Akbar.(merdeka)

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).