Akhir Maret, Mendagri Terbitkan Tapal Batas Riau dengan 4 Provinsi Tetangga

  • DRN
  • 12 Mar 2018, 15:52:50 WIB

Pekanbaru, Detakriauews.com - Persoalan tapal batas atara Riau dengan 4 provinsi tetangga seperti Sumatera Barat, Sumatera Utara, Kepulauan Riau dan Jambi, akan segera rampung. Pasalnya, Menteri Dalam Negeri akan segera menerbitkan peraturan (Permendagri) jelang akhir Maret nanti.

 

"Tinggal menunggu kejelasan titik koordinatnya dari Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri) yang berwujud Permendagri. Janji Mendagri itu paling lambat akhir triwulan I, berarti bulan Maret akhir atau awal April," ungkap Sudarman selaku Kepala Biro Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Riau seperti dilansir dari laman Goriau, Senin (12/03).

 

Kemudian, sebut Sudarman, pihaknya baru bisa melakukan sosialisasi kepada masyarakat soal ketetapan batas-batas wilayah tersebut setelah Permendagri diterbitkan dan diserahkan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

 

Adapun beberapa daerah yang perlu penyelesaian tapal batas antar provinsi yang dimaksud Sudarman yakni Padang Lawas - Padang Lawas Utara Sumut dengan Rokan Hulu (Rohul). Kemudian, Labuhan Batu Selatan - Labuhan Batu Sumut dengan Rohul.

 

Kemudian, Tebo Jambi dengan Indagiri Hulu (Inhu). Kuantan Singingi (Kuansing) dengan Dharmasraya Sumbar.

 

"Kalau Sumbar, Jambi dan Kepulauan Riau sudah selesai. Hanya tersisa masalah dengan Sumut," tuturnya.

 

Untuk diketahui, sesuai Revisi Peraturan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Nomor 76 Tahun 2012, setiap daerah hanya diberi waktu selama 74 hari untuk menuntaskan persoalan konflik tapal batas yang ada di wilayahnya. BRB

 

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia