Alhmadulillah, Hari Ini Istana Siak Dibuka. Tapi…?

  • DRN
  • 10 Jan 2018, 14:47:48 WIB

Pekanbaru, Detakriaunews.com – Pasca terjadinya aksi percobaan pembakaran Istana Siak oleh oknum tak dikenal (OTK) pada Senim (08/01) lalu, kini lokasi objek wisata cagar budaya nasional Istana Siak mulai dibuka kembali untuk umum. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Bupati Siak – Syamsuar, saat menghadiri acara pelantikan Rektor UMRI, Rabu (10/01) siang.

Aksi percobaan pembakaran Istana Siak menuai kritikan dan kecaman dari warganet, terutama warga Siak Sri Indrapura. Pasalnya, sepanjang berdirinya Istana Siak kejadian ini baru pertama kali terjadi.

Bupati Siak, Syamsuar mengatakan, pihaknya sudah melakukan evaluasi kinerja, terhadap sejumlah pegawai kami mulai dari petugas Istana hingga Dinas Pariwisata Siak. Nantinya, setiap ruangan akan diawasi oleh 2 petugas jaga termasuk penambahan kamera CCTV.

“Saya telah instruksikan, agar hari Istana Siak sudah kembali dibuka untuk umum. Besok paling lama. Kami telah menambah jumlah pegawai, sehingga pengawasan bisa lebih optimal. Hanya saja, prosedur bagi pengunjung akan diperketat tidak bebas seperti kemarin. Jujur saja, kita kecolongan dengan adanya peristiwa tersebut,” ujar Syamsuar kepada Detakriaunews.com di Pekanbaru, Rabu (10/01) siang.

Syamsuar menilai, OTK yang berniat membakar Istana Siak memang sudah disengaja dan direncakan. Beruntung, aksi jahat pelaku cepat diketahui petugas dan pengujung lain.

“Dia laki-laki, pakai topi dan pakai sepatu masuk Istana Siak. Dia juga membawa botol mineral berisi bensin, nah kan ini sudah jelas. Udah direncakan dan disengaja, ntah apa motifnya,” tambah Syamsuar.

Hingga saat ini, pihak kepolisian dari Polres Siak terus mengungkap dan memburu pelaku pembakaran. Persoalan ini harus segera diungkap, agar tidak terulang dan bisa memberikan efek jera. BRB

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia