Anak Dengan Kebutuhan Juga Miliki Potensi Besar

  • DRN
  • 09 Jul 2015, 17:09:37 WIB

PEKANBARU, detakriaunews.com - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Riau terus menggalakkan dan mendorong orang tua anak untuk jangan mengabaikan anak-anak berkebutuhan khusus seperti Autis.

Meskipun  memiliki kekurangan, tetapi  mereka punya potensi dan bakat yang bisa dibanggakan.Hal itu disampaikan Kepala Kepala Bidang Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus (PKPLK), Sri Petri Haryati SPd, saat membuka kegiatan Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) pusat layanan Autis, Peningkatan tata kelola pengawas PKLK, dan tata kelola Kepala Sekolah PKLK se Provinsi Riau, Rabu (8/7) sore di Hotel Mutiara Merdeka.

"Wujud komitmen memperhatikan anak Autis ini adalah dengan telah dibangunnya Pusat Layanan Autis (PLA), yang tidak berapa lama lagi akan difungsikan," kata Petri.

Petri mengatakan, PLA yang dipersiapkan diharapkan mampu memberi solusi dari masih kurangnya fasilitas untuk anak-anak berkebutuhan khusus seperti Autis ini di Sekolah Luar Biasa (SLB), sehingga masih banyak anak-anak berkbutuhan kusus yang tidak bersekolah.

"Padahal,anak-anak berkebutuhan khsusus ini sebenanya punya potensi, dan bakat luar biasa. Karena itu dia mengajak pengelola PKPLK di Kabupaten dan kota untuk dapat terus meningkatkan layanan pendidikan bagi mereka," ujarnya.

Menurut Petri, mendidik anak berkebutuhan khusus sangat sulit. Untuk itu, Pemprov akan melakukan pelatihan tenaga pendidik sesuai dengan kebutuhan yang dialami anak anak itu.  

Sehingga disekolah, tenaga pendidik sudah mengerti dengan apa yang dialami anak didiknya.

" Anak berkebutuhan khusus memiliki potensi dan bakat luar biasa. Jadi kita wajib melindungi anak berkebutuhan khusus sehigga tercipta pemerataan pendidikan diseluruh indonesia dan tidak ada perbedaan satu sama lainnya dilingkungan masyarakat," ujar Petri.  (Dr)

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia