Andi Rachman Tunggu DCT Keluar Sebelum Mundur dari Jabatan

  • DRN
  • 09 Agu 2018, 15:30:26 WIB

PEKANBARU,Detakriaunews.com  - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman yang maju menjadi Calon Legislatif DPR RI mengaku akan menunggu penetapan dari KPU untuk mundur dari jabatannya sebagai Gubernur. Tentunya untuk pengunduran diri akan diikuti sesuai aturan yang berlaku.

"Tentunya akan kita ikuti sesuai aturan yang berlaku untuk pengunduran diri (Setelah keluar Daftar Caleg Tetap), "ujar Andi Rachman sapaan akrabnya Gubernur Riau Rabu (8/8).

Bahkan Andi sempat berseloroh sebelum penetapan Daftar Caleg Tetap bisa saja berubah rencananya untuk maju, dan bisa saja tidak jadi mengundurkan diri. Untuk itu proses Pengunduran diri sesuai dengan aturannya setelah ada DCT.

"Mana tau nanti masih berubah pikiran dan tidak jadi (maju caleg), "ujar Andi bergurau.

Sedangkan syarat untuk mencalonkan diri jadi Caleg sendiri memang sudah diajukan berkas siap mengundurkan diri dari jabatan Kepala Daerah setelah DCT ditetapkan.

Sementara itu, Kepala Biro Tata Pemerintahan Setdaprov Riau Sudarman menjelaskan untuk proses pengunduran diri Gubernur karena maju di Caleg DPR RI ranahnya berada pada KPU.

Karena KPU akan mengeluarkan surat nantinya setelah ditetapkan jadi Caleg tetap, karena saat mendaftar jadi Caleg lanjut Sudarman sudah mengajukan surat siap mengundurkan diri.

"Nanti KPU yang akan mengeluarkan surat untuk pemberitahuan DCT dan akan menyurati DPRD Provinsi untuk ditindaklanjuti, "ujar Sudarman.

DPRD Provinsi selanjutnya menindaklanjuti dengan menggelar paripurna untuk menetapkan Kepala Daerah diberhentikan. Hasil Paripurna tersebut dikirimkan ke Kementerian Dalam Negeri untuk dikeluarkan Perpres.

"Selanjutnya Presiden akan mengeluarkan Kepres pemberhentian secara terhormat Gubernur dan selanjutnya menetapkan wakil sebagai Gubernur Depenitif, "ujar Sudarman.

Wakil Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim saat ditanya soal rencana Andi Rachman maju jadi Caleg tersebut menurutnya sampai saat ini keduanya belum pernah membicarakan itu.

" Pak Andi tidak pernah cerita dan saya pun tidak mau bertanya, kami saling menjaga biarlah hati kami yang saling mengerti, "ujar Wan Thamrin Hasyim.

Ia juga berjanji tidak akan pernah menanyakan persoalan itu kepada rekannya karena menjaga perasaan pasangannya tersebut.

"Saya tidak akan tanya itu ke Gubernur," jelasnya. (TribunPekanbaru.com)

 

 

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia