Aneh !! Bertugas Atasi Bencana, Namun Tidak Punya Dana Bencana

Pekanbaru, Detakriaunews.com - Meski bertugas mengatasi berbagai bencana yang terjadi di Kota Pekanbaru namun ternyata Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Pekanbaru selama satu tahun ini tidak memiliki anggaran khusus untuk penanggulangan bencana.

 

“Selama ini kami bergerak tanpa dukungan operasional,”kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Pekanbaru, Burhan Gurning, Senin (13/11).

 

Gurning mengatakan, meski dana operasional yang dibutuhkan untuk sekali turun tidak sedikit namun mau tidak mau ia harus turun. Misalnya ketika ada banjir atau hal lain yang membutuhkan  pihaknya untuk turun.

 

Mengenai tidak masuknya mata anggaran penanggulangan bencama dalam APBD Pekanbaru dikatakan Gurning karena penyusunan SOTK Pemko Pekanbaru lebih dahulu keluar dibanding pedoman penyusunan SOTK dari pusat.

 

“Kami berharap tahun depan, untuk penanggulangan bencana bisa kembali masuk ke mata anggaran  kami seperti sebelumnya waktu masih dalam bentuk Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran,”kata Gurning.

 

Upaya agar dana penanggulangan bencana bisa dialokasikan dalam APBD menurut Gurning sudah dilakukan oleh Pemko Pekanbaru dengan berkonsultasi ke pusat.

 

“Sudah ada lampu hijau dan tinggal melakukan revisi SOTK yang ada , kita tentu berharap sebelum akhir tahun revisi SOTK sudah rampung,”pintanya lagi.

 

Lebih jauh untuk berjaga bila ada peritiswa bencana besar yang menimpa Pekanbaru, pihaknya disebut kan Gurning masih bisa memakai dana cadangan yang masuk dalam anggaran sekretariat.

 

“Tapi permintaan anggaran itu baru bisa dilaksanakan jika memang kondisi darurat, kalau tidak ya tidak bisa dicairkan,”jelasnya. (desy).

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Leave a Comment

Submit