Antisipasi Karhutla LHK Bangun 50 Canal Blocking di Bukit Batu

  • DRN
  • 02 Jul 2015, 13:56:06 WIB

BENGKALIS, detakriaunews.com – Untuk mengantisipasi dan meminimalisir musibah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi selama ini, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) segera membangun 50 sekat kanal (canal blocking) di Kecamatan Bukit Batu.

Kepastian mengenai pembuatan 50 sekat kanal di kawasan rawan kebakaran hutan dan lahan ini, terungkap pada rapat pertemuan antara Pemerintah Kabupaten Bengkalis dengan Staf Ahli Kementerian LHK, Dr Hani, di lantai II Kantor Bupati Bengkalis, Kamis (2,7,2015). Dalam rapat yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Bengkalis Suayatno, pihak kementerian memaparkan rencananya yang ditargetkan selesaikan pada September tahun ini.

Rapat pertemuan antara Kementerian LHK dan Pemkab Bengkalis, dihadiri Asisten I Setda Bengkalis Amir Faisal, Kepala Perkebunan dan Kehutanan Herman, Kepala BLH Bengkalis, Arman AA, Kepala Pertanian dan Peternakan, Ariyanto dan sejumlah pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis.  

Sebelumnya pihak tim Kementerian LHK melakukan survei di lapangan, untuk menentukan titik-titik yang bakal dibuat sekat kanal. Diantaranya, kawasan yang menjadi perhatian serius berada di Desa Tanjung Leban, Buruk Bakul dan Kampung Jawa dan sejumlah titik yang selama ini rawan kebakaran hutan dan lahan. 

Seperti diungkapkan Dr Hani, berdasarkan hasil survei di lapangan, di kawasan itu sebagian besar memiliki kanal, namun kondisinya kering, sehingga sangat rentan kebakaran. Jadi untuk mengembalikan agar kondisi lahan gambut di kawasan itu tetap basah, maka solusi paling tepat melalui pembuatan sekat kanal. Karena dengan pembuatan sekat kanal ini, otomatis akan menahan laju air, sehingga mampu menaikan permukaan air.

Halaman Berikutnya:

1 2 NEXT

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia