Api Asian Games Dipantulkan Dari Sinar Matahari

  • DRN
  • 30 Jan 2018, 10:02:44 WIB

Detakriaunews.com, JAKARTA -- Api untuk obor Asian Games 2018 akan berasal dari sinar matahari. Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (Insagoc) akan menyalakan api ini menggunakan cermin parabola yang diarahkan ke sinar matahari pada prosesi di Stadion Nasional Dhyan Chand, New Delhi, India, 17 Juli 2018. 

 
Inasgoc akan meneruskan tradisi yang dimulai pada Asian Games 2014 di Incheon terkait asal api. Sejak empat tahun lalu, obor Asian Games dinyalakan di lokasi pertama kali Asian Games digelar pada 1951, yakni Stadion Nasional Dhyan Chand. 
 
Secara tradisional, api Asian Games selalu dinyalakan di negara penyelenggara. Namun, untuk menanamkan rasa tradisi dan kehormatan terhadap sejarah Asian Games, api Asian Games ke-17 di Incheon dinyalakan di negara yang pertama kali menyelenggarakan pesta olahraga bangsa Asia ini. 
 
“Nyala api menggunakan cermin parabola dengan sinar matahari, untuk memastikan kemurniannya dinyalakan di stadion pertama kali Asian Games di India,” tulis Inasgoc dalam materi presentasinya, dikutip Selasa (30/1). 
 
Inasgoc menyebutkan api juga berasal dari Api Abadi di Mrapen, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Api abadi yang sudah dikenal sejak Kesultanan Demak pada abad ke-15 ini kerap digunakan pada Pekan Olahraga Nasional (PON), SEA Games 1997, SEA Games dan ASEAN Paragames 2011, Asian Beach Games 2008. 
 
Karena itu, Inasgoc merencanakan parade obor akan dimulai di New Delhi, India, pada 17 Juli mendatang. Satu hari berselang atau pada 18 Juli 2018, obor Asian Games 2018 akan mendarat Mrapen, Jawa Tengah. (Republika.co)

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia