ASN DAN Kepala Desa Se-Rohul Deklarasikan Diri Netral Di Pilgubri

  • DRN
  • 13 Mar 2018, 11:11:56 WIB

Detakriaunews.com, PASIRPENGARAIAN- Ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Kepala Desa se-kabupaten Rokan Hulu (rohul), nyatakan netral pada Pemilihan Gubernur Riau (pilgubri) tahun 2018. Pernyataan sikap tersebut, ditegaskan dengan di tandatanganinya  pakta integritas ASN Serta  kades Se-rohul di hadapan Bupati Rohul H.Sukiman, Serta ketua bawaslu riau. Jika terbukti netral, ASN Dan Kades Bersedia menerima Sanksi yang berlaku.

 

Penandatanganan Pakta Integritas Netralitas ASN Dan Kades Se Rohul ini ditandangani, Usai Apel Bersama Sosialisasi netralitas ASN Dan Kades  se-rohul, Senin (12/3/2018) di Kantor Bupati Rohul Pasirpengaraian.  Penandatanganan Pakta Integritas Netralitas ASN dan Kades ini, dilakukan langsung Sekda Rohul Ir. Damri Harun dari Pihak ASN, dan Kepala Desa Pematang Berangan Maisar Selaku Sekretaris APDESI Kabupaten Rokan Hulu.

 

Ketua Bawaslu Riau Rusdi Rusdan dalam Arahanya mengatakan, Netralitas ASN dan kades dalam pilgubri ini  dituangkan dalam 10 point. Dimana dalam Menjaga netralitasnya sebagai abdi negara, ASN Dan kades dilarang menggunakan kekuasaan dan fasilitas negara untuk menguntungkan Paslon tertentu.

 

ASN dan Kades juga dilarang , melakukan pendekatan terhadap Paslon, memfasilitasi kegiatan paslon,  mengunggah, menanggapi,  menyebarluaskan gambar paslon, visi misi, melalui media online atau media sosial, melakukan foto bersama, dengan mengikuti simbol tangan atau gerakan yang digunakan sebagai bentuk keberpihakan, menjadi pembicara narasumber pada kegiatan pertemuan paslon. Serta bersedia menerima sanksi jika terbukti tidak netral dan terlibat dalam politik praktis.

 

Menurut Rusdi, Setiap Kabupaten Kota, memiliki kerawanan terhadap ketidak netralan ASN Dan Kades. Dari catatan Bawaslu Riau, saat ini terdapat 34 temuan dan laporan terkait ketidak netralan ASN. 26 laporan dan 1 Laporan diantaranya di rohul, sudah direkmondasikan ke Lembaga terkait, seperti KASN, MEnpan RB, kemudan BKN dan Kemendagri.

 

“kita berharap dengan apel dan penandantangan pakta integritas dan adanya komitmen dari bupati Rohul, membuat pilkada di riau khususnya di rohul, betul-betul berjalan penuh dengan intergitas dan zero pelanggaran” harapnya.

 

Sementara itu, Bupati Rokan Hulu H.sukiman menegaskan, ASN di rohul siap menerapkan asas netralitas serta tidak berpihak kepada salah satu psalon . mennruut sukiman, netralitas ASN dan kades ini sangat penting, di lakukan demi menciptakan pilkada yang aman tertib dan lancar.

 

“untuk menjamin netralitas asn dan kades di rohul, kita akan buat tim khusus untuk mengawasi netralitas asn ini. jika terbukti ada asn atau kades yang tidak netral dalam pilgubri kita pastikan akan menindak sesuai aturan berlaku.” Pungkas Sukiman. (AR)

 

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia