Bakal Calon Pilkada Tidak Sehat, Dipastikan Akan Gugur

  • DRN
  • 31 Jul 2015, 16:25:02 WIB

Detakriaunews.com-Pemeriksaan kesehatan yang di lakukan para bakal calon Bupati dan bakal calon wakil bupati untuk Pilkada serentak tahun ini akan berdampak terhadap proses pencalonan mereka, karena jika dari hasil pemeriksaan tersebut para calon tidak di nyatakan sehat oleh tim dokter, secara otomatis yang bersangkutan tidak bisa memenuhi syarat untuk mengikuti ketahapan selanjutnya.

“ Itu nanti akan berpatokan kepada rekomendasi tim dokter yang memeriksa bakal calon. Jika bakal calon yang bersangkutan memiliki penyakit yang menurut tim dokter berbahaya dan tidak bisa direkomendasikan, maka bakal calon tersebut terpaksa digugurkan, ” ujar Devisi teknis KPU Provinsi Riau Abdul Hamid.

Hamid menambahkan pihaknya tidak mengetahui jenis penyakit apa nantinya dapat menggugurkan para bakal calon untuk direkomedasikan mencadi calon Bupati,karena untuk standar pemeriksaan sudah diserahkan KPU kepada Tim IDI (Ikatan Dokter Indonesia) dan untuk hasil pemeriksaannya sendiri menurut Abdul Hamid hal tersebut bersifat rahasia, dan hanya diketahui oleh KPU kabupaten/kota saja.

“ Kita serahkan sepenuhnya kepada tim dokter yang memeriksa. Namun walau hasilnya sudah keluar, tetap saja tim dokter tidak bisa mengumumkan, karena ini bersifat rahasia. Di kode etik kedokteran juga tidak dibolehkan orang lain untuk mengetahui jenis penyakit seseorang,”tuturnya.

Seperti diketahui pemeriksaan kesehatan ini berlangsung selama 4 hari berturut turut mulai dari hari Rabu (5/8) hingga Sabtu (8/8) mendatang dan hari ini Kabupaten yang mengikuti pemeriksaan kesehatan yakni Rohil dengan nama calon Suyatno dan Jamiludin, Syafrudin dan M. Ridwan, Wan Syamsir Yus dan Helmi Yazid, Herman Sani dan Taem Pratama. Bengkalis Herliyan Saleh dan Reza Phalepi, Amril Mukminin dan Muhammad, Indra Gunawan dan Nur Charis Putra dan Kabupaten Meranti Tengku Mustofa dan Amyurlis.(Dp)

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia