Banjir Di Kerinci Mengganas, Rumah Hanyut dan Jembatan Putus

12 Des 2015, 09:51:00 WIB

Jambi, Detakriaunews.com - Banjir yang melanda Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi semakin meluas menyusul hujan deras yang masih mengguyur daerah tersebut. Banjir di daerah pegunungan yang sebelumnya hanya terjadi di dua kecamatan meluas ke lima kecamatan. Banjir menyebabkan satu unit rumah warga hanyut, jembatan putus, beberapa unit rumah warga rusak dan ribuan rumah tergenang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kerinci, Evi Rasmianto di Kerinci, Sabtu (12/12) mengatakan, banjir yang melanda Kerinci mulai memaksa warga mengungsi. Belasan keluarga di daerah itu hingga Sabtu (12/12) mengungsi ke rumah warga terdekat. Kemudian beberapa sekolah juga diliburkan akibat rumah warga, jalan dan sekolah terendam banjir.

“Banjir yang semakin meluas di Kerinci menyebabkan belasan keluarga mengungsi. Ada yang mengungsi karena rumah hanyut dan rusak, ada juga yang mengungsi karena rumah mereka terendam banjir hingga ketinggian air satu meter. Para korban banjir yang mengungsi sudah kami berikan bantuan makanan. Posko kesehatan juga sudah didirikan di sekitar lokasi banjir,” katanya.

Menurut Evi Rasmianto, hujan deras yang menyebabkan meluapnya Sungai Batangmerao dan beberapa sungai di Kerinci menyebabkan puluhan desa di lima kecamatan terendam banjir. Kecamatan yang dilanda banjir tersebut, yakni Kecamatan Siulak, Air Hangat, Air Hangat Timur, Depati Tujuh dan Kayuaro.

Banjir terparah terjadi di Kecamatan Kayuaro dan Siulak. Banjir yang melanda Kecamatan Kayuaro menyebabkan satu rumah warga hanyut. Rumah warga yang berada di daerah aliran sungai (DAS) tersebut hanyut terseret derasnya arus sungai yang meluap. Kemudian di Desa Lubuk Nagodang, Kecamatan Siulak, Kerinci, dua unit rumah warga nyaris ambruk akibat diterjang banjir.

Halaman Berikutnya:

1 2 NEXT

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

loading...