Baru Saja Beroperasi, Tarif Kereta Api Bandara Bakal Naik

  • DRN
  • 02 Jan 2018, 14:23:32 WIB
Jakarta, Detakriaunews.com -- PT Railink mengusulkan kenaikan tarif Kereta Api (KA) Bandara Soekarno Hatta (Soetta) dari Rp 70 ribu menjadi Rp 100 ribu. Kenaikan tarif tersebut rencananya akan berlaku setelah Stasiun Duri dan Manggarai rampung dan terkoneksi dengan KA Bandara Soetta pada akhir Februari atau awal Maret mendatang.
 
Sekretaris Perusahaan Railink Agus Hariyadi menjelaskan, fasilitas KA Bandara yang ada saat ini masih belum seluruhnya rampung. Hal tersebut lah yang menurut dia, membuat pihaknya menetapkan tarif Rp 70 ribu.
 
"Karena Duri ini belum selesai 100 persen, Manggarai juga belum, karena itu kami masih menggunakan tarif Rp 70 ribu ," terang Agus di Bandara Soekarno Hatta, Selasa (2/1).
 
 
Agus memperkirakan, Stasiun Duri dan Manggarai akan selesai sekitar akhir Februari atau awal Maret. Pada waktu itu pula menurut Agus, tarif kereta Bandara akan naik.
 
"Kalau sekarang Januari sampai akhir Februari ya, kurang lebih perkiraannya seperti itu," terangnya.
Lihat juga: KA Bandara Soetta Bakal Terkoneksi dengan Skytrain
 
Sementara itu, Kementerian Perhubungan dalam keterangan resminya mengatakan tarif KA Bandara Soekarno-Hatta untuk dua bulan pertama berlaku tarif promo Rp 70 ribu dan selanjutnya akan berlaku tarif normal Rp 100 ribu.
 
Dalam keterangan resmi Kemenhub, Menteri Perhubungan Budi Karya menghimbau agar tarif KA Bandara terjangkau oleh masyarakat.
 
"Sehingga memperbesar kesempatan masyarakat untuk memanfaatkan moda transportasi ini," terang Budi dalam keterangan resmi Kemenhub.
 
Kepala Stasiun Bandara Soetta Siswanto menambahkan, penentuan tarif KA Bandara Soetta memang diserahkan kepada PT Railink selaku operator.
 
"Tarif diserahkan ke Railink. Ini bukan (dari) Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) jadi memang harus ada target," terang dia.
 
Sebelumnya, Railink mulai hari ini resmi memberlakukan tarif promo KA Bandara Soetta sebesar Rp 70 ribu. Resmi dibuka untuk umum sejak 26 Desember 2017, KA Bandara Soetta sebelumnya memberlakukan tarif uji coba sebesar Rp 30 ribu. (Cnn.indonesia)

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia