Bupati Lapor Karhulta Dalam Safari Ramadan Plt Gubri

  • DRN
  • 02 Jul 2015, 14:03:03 WIB

BAGANSIAPIAPI, detakriaunews.com-Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman melaksanakan safari ramadhan di Masjid Ar-Ridha, Kelurahan Bagan Hulu, Kecamatan Bangko, Rokan Hilir Kamis (2,7,15) siang, bersama Danrem 031,WB Brigjen TNI Nurendi, M.Si (Han). Dalam kesempatan tersebut, Bupati Suyatno melaporkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) berikut penanganannya.

Bupati Suyatno menyebut, memang sudah terjadi karhutla diberbagai wilayah Rohil, dan telah diupayakan pemadaman menggunakan water bombing bantuan Pemerintah Provinsi Riau serta berbagai pihak, sehingga saat ini sudah mulai berkurang.

Terkait laporan itu, Plt Gubri Arsyadjuliandi Rachman malah saat menyampaikan pengarahan, mendapat telpon dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, terkait adanya pemberitaan media nasional yang menyebut telah terjadi delay jadwal penerbangan.

Ternyata, Presiden Jokowi memberikan perhatian serius terkait karhutla yang ada di Provinsi Riau dan memerintahkan Menteri LH dan Kehutanan untuk mengatasinya.

Dan disebutkan Plt Gubri, negara tetangga Singapure saat ini sudah memiliki undang-undang yang memperbolehkan mereka untuk menuntut Indonesia, jika mereka terkena asap, termasuk masyarakat serta perusahaan yang ada di Indonesia.

Hal senada dikatakan Danrem 031,WB Brigjen TNI Nurendi, M.Si (Han), asap memang sudah mulai menganggung, sehingga Plt Gubri Arsyadjuliandi Rachman saja memang sempat delay, tak bisa mendarat dibandara karena tebalnya kabut asap.

Dia meminta masyarakat untuk tidak membakar lahan, karena efeknya sangat luas, bahkan bisa sampai 10 hingga 15 tahun mendatang.(Wil)

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia