Bupati Suyatno Jadi Komentator Kontes Dangdut

29 Sep 2017, 09:49:29 WIB
Rokan Hilir, Detakriaunews.com - Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (Hut) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) ke-18, Dewan Kesenian Daerah (DKD) Rohil mengelar Festival Lagu Dangdut, senin (25/9).
 
 
Festival lagu dangdut ini diikuti 80 peserta, yang terdiri dari 9 kecamatan seperti kecamatan Bangko, Sinaboi, Batu Hampar, Kubu, Kubu Babussalam, Pasir Limau Kapas, Pekaitan, Tanah Putih, Tanah Putih Tanjung Melawan.
 
Kegiatan festival lagu dangdut tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Rohil H Suyanto, dan dihadiri Sekda Drs H Surya Arfan, Ketua DKD Hj Suryati , Dandim 0321 Rohil, anggota DPRD Imam Suroso, Habib Nur dan Kepala OPD.
 
Dalam perhelatan festival lagu dangdut tersebut, Bupati Rohil H Suyatno terlihat memberikan pesan kepada para peserta seperti nomor urut 001 atas nama Dara.
 
"Dara kalau ingin menyanyi, megang mikroponnya jagan terlalu jauh, kalau bisa di dekat sediki. Kalau jauh suara tidak terdengar,"cetusnya.
 
"Ada tepukan penonton, itu menurunkan mental. Kita tau lagunya agak berat. Tambah Suyatno, cengkok juga kurang bagus,"bebernya.
 
Tidak hanya Bupati Suyatno memberikan komentar, bahkan Dandim, juga menyampaikan kepada kontestan perserta pada saat menyanyi di atas pangung jagan terlalu kaku.
 
"Sebut Dandim 0321, lagu ini sangat sulit, di mana mis mana pas kurang dapat. Para peserta kontes Jagan hiraukan penonton baik yang berada di sebelah kiri atau sebelah," terangnya.
 
Sementara itu, ketua DKD Rohil, Hj Suryati menyebutkan, kegiatan ini dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Rohil ke-18, namun saat ini pihaknya fokus pada Festival Lagu Dangdut.
 
"Dalam tiga hari ini kita fokus Festival Lagu Dangdut dulu, nanti baru festival lainnya yang akan dimulai pada Oktober. Kami juga berencana akan membuat acara yang sama dengan mengundang peserta dari semua kabupaten/kota di Riau untuk ikut berpartisipasi," katanya.
 
Menyikapi keluhan Bupati soal sebagian peserta dari kecamatan tak bisa hadir dalam kegiatan itu, Suryati mengaku sudah mengundang seluruh kecamatan.
 
"Kita sudah mengundang seluruh kecamatan tapi yang hadir ada beberapa kecamatan, yakni Kecamatan Bangko, Sinaboi, Pekaitan, Batu Hampar, Tanah Putih Tanjung Melawan, Tanah Putih, Kubu, Kubu Babussalam dan Pasir Limau Kapas," sebutnya.
 
Sekretaris Komisi D DPRD Rohil itu menjelaskan, festival yang digelar setiap tahunnya ini merupakan ajang pencarian bibit-bibit baru untuk generasi dangdut.
 
"Dengan ajang ini mereka bisa lebih percaya diri lagi dengan kemampuan vokal dan penguasaan musik, serta penjiwaan terhadap lagu sampai bisa mereka kuasai," tuturnya.
 
DKD selaku penyelenggara kegiatan menyiapkan tiga orang dewan juri yang diantaranya adalah Rino dari Pekanbaru, Santi dan Suryati dari Rohil. Sementara untuk pemenang Festival, Juara 1 berupa satu unit honda ditambah piala dan uang tunai.
 
"Tapi kalau Juara 2 sampai Juara 6 diberikan hadiah berupa uang tunai," kata Suryati. (wil) 
 

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

loading...