Cetak Atlet Berprestasi, Dispora Lakukan Pembinaan Sejak Usia Dini

Pekanbaru, Detakriaunews.com - Dinas Pemuda dan Olahraga memiliki peranan dalam pembinaan atlit berdasarkan pada tugas pokok dan fungsinya. Dispora mempunyai tugas pokok melaksanakan urusan keolahragaan dan kepemudaan. Ada beberapa uraian tugas Dispora diantaranya pengaggaran pendataan, pelatihan, fasilitator, hingga pemberian dukunga.

 

Melalui beberapa uraian tersebut, diketahui bahwa Dispora memiliki peranan yang luas mengenai pembinaan olahraga dan kepemudaan. Tetapi Pembinaan dan pengembangan keolahragaan tidak hanya diprioritaskan pada aspek peningkatan prestasi olahraga saja, namun upaya peningkatan kesehatan juga mendapat perhatian dalam sistem keolahragaan.

 

Ditengah keterbatasan anggaran, Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Pekanbaru terus melanjutkan program pembinaan, membingkai para atletnya guna meraih prestasi olah raga setinggi-tingginya dimulai sejak usia dini. yakni di tingkat sekolah.

 

Pembinaan ditingkat sekolah yakni penyelenggaraan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN). disebut erat kaitannya dengan upaya pembinaan karakter pelajar. Perhelatan pesta olahraga antar pelajar tersebut dinilai mampu menanamkan semangat sportifitas dan kerjasama antar tim.

 

"Potensi (atlet,red) seluruhnya bermuara di sekolah. Dimana pembinaan yang efektif sebaiknya  dilakukan dari tingkat awal atau dasar. "Kata Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Pekanbaru, Drs M Yusuf kepada wartawan.

 

Dalam pembinaan atlet, Saat ini sudah ada Sumber Daya Manusia (SDM) asli binaan Dispora Pekanbaru yang mewakili Indonesia di tingkat Internasional, yakni pada cabang olah raga (Cabor) Atletik atau lempar lembing.

 

"Untuk di tingkat daerah, Semua cabor kita berprestasi, mulai dari cabor, tenis meja, tenis lapangan, catur, sepak bola hingga atletik, "katanya menambahkan.

 

Masih dalam rangkaian pembinaan atlet, Dispora memang memiliki kewenangan untuk di tingkat pelajar, sementara untuk level umum itu kewenangan KONI. Dispora memperkuat koordinasi dengan level pelatih. Dalam setiap koordinasi Disporan kerap menekankan untuk mengedepankan disiplin dalam pembinaan.

 

"Kunci utama untuk meraih prestasi ialah Disiplin. "katanya menambahkan. 

 

Dalam kesempatan itu, Yusuf juga mengungkapkan, jika pihaknya tidak terlalu dengan anggaran ketika memang ada calon atlet yang bisa dibina untuk dibesarkan prestasinya. Karena yang terpenting bagi Dispora, ada potensi yang bisa dikembangkan yang nanti bisa mengangkat nama dan marwah kota Pekanbaru dibidang olahrga. ( ADV/KOMINFO/DISPORA)

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).