Cuaca Ekstrim di Riau, Warga Rohul Diminta Tingkatkan Kewaspadaan

Pasir Pengaraian, Detakriaunews.com - Menyikapi cuaca ekstrim yang terjadi di beberapa daerah di Provinsi Riau, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rokan hulu (Rohul) meminta seluruh masyarakat di Rohul agar dapat meningkatkan kewaspadaan bencana yang bisa datang kapan saja. Peningkatan kewaspadaan dini ini penting, guna mengurangi resiko bencana.

Meski saat ini belum ada informasi resmi dari Badan Metreologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru, terkait cuaca ekstrim di Rohul yang bisa berdampak terhadap timbulnya potensi bencana, namun masyarakat sudah cepat tanggap.

"Kita himbau kepada  masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan, karena bencana itu bisa saja hadir sewaktu waktu. Untuk itu, dibutuhkan kewaspadaan dalam rangka menjauhkan dari hal-hal yang menyebabkan kerentanan terjadinya kecelakaan dan korban resiko bencana," jelas   Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Rohul - Aceng Herdiana kepada Wartawan Rabu (08/11).

Dari pemetaan BPBD Rohul, beberapa daerah yang menjadi langganan bencana angin puting beliung yaitu Kecamatan Kabun, Kecamatan Ujung Batu, Kecamatan  Rambah Hilir, Kecamatan Rambah Samo, Kecamatan Tambusai, Kecamatan Kepenuhan dan Kecamatan Kepunhan Hulu.

Sementara untuk daerah rawan banjir seperti Kecamatan Rambah, Rambah Samo, Rambah Hilir, Tandun, Kabun, Pagaran Tapah, Kunto Darusalam, Bonai Darusalam, Kepenuhan, Kepenuhan Hulu dan Bangun Purba.

Disinggung terkait kesiapan BPBD Rohul dalam melakukan penanggulangan bencana, Aceng mengaku, pihaknya telah siap baik personil, peralatan ataupun logistik. Diakuinya, saat ini pihaknya telah menyiapkan logistik seperti makanan siap saji, beras, minyak goreng dan paket sandang yang bisa langsung disalurkan jika bencana terjadi sewaktu-waktu.

"BPBD tentunya siap siaga sesuai kemampuan. Kita siap 24 jam memberikan bantuan kepada masyarakat, kalau ada tanda akan segera terjadi bencana kita juga mengharapkan agar masyarakat segera melaporkan ke BPBD, sehingga tim kita bisa segera datang ke lokasi untuk memberikan bantuan" pungkasnya. AR

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).