Dandrem Klaim Kabut Asap Riau Kiriman dari Jambi dan Sumsel

  • DRN
  • 10 Jul 2015, 16:34:09 WIB

PEKANBARU,detakriaunews.com- Kabut asap yang melanda Pekanbaru dan sekitarnya belakangan ini, ternyata bukan berasal dari kebakaran hutan dan lahan 9Karhutla di Riau. Melainkan, kiriman asap Karhutla dari Provinsi Jambi dan Sumatera Selatan (Sumsel). 


Hal ini terungkap, saat Tim Satgas Penanggulangan Bencana Kebakaran hutan dan Lahan mengadakan rapat di posko Lanud Roesmin Noerjadin, Kamis (9/7). Rapat koordinasi itu dipimpin langsung Komondan Tim Satgas, Danrem 031 Wirabima Brigjen TNI Nurendi.

"Dari hasil rapat ini ternyata telah mengindikasikan bahwa asap yang kita terima disini, merupakan kiriman dari Jambi dan Sumatera Selatan. Sehingga terjadilah asap yang begitu pekat di Pekanbaru," ucap Nurendi.

Kiriman asap tersebut, jelas nurendi yang didampingi oleh Danlanud Khairil Lubis dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau Edwar Sanger, akibat faktor putaran angin yang bergerak dari Selatan dan Timur Laut menuju Utara.

"Itulah mengapa dia sampai kesini. Kalau anginnya tidak seperti itu, mungkin kita tak akan kena,"ulasnya.

Titik api yang berada di Riau dalam beberapa pekan terakhir ini, sebut Nurendi, sudah sangat jauh berkurang. Dari 24 titik api yang ada pada dua pekan lalu. Saat ini terdata titik api diatas confident 70 persen hanya tinggal 2 titik saja. Keduanya berada di Kabupaten Pelalawan.

Menghadapi cuti bersama pada lebaran yang tak lama lagi menjelang, Nurendi memastikan bahwa petugasnya tetap bersiaga penuh untuk penanggulangan karhutla ini.

"Kita sudah atur semua termasuk satgas udara. Menghadapi cuti lebaran ini, kita telah bagi yakni hanya setengah kekuatan saja yg dapat pergi namun setengahnya lagi harus tetap bersiaga disini,"katanya. (Dr)

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia