Dari 5.302 CJH Riau, Hanya 927 CJH yang Dapat Surat Istithaah

  • DRN
  • 11 Jul 2018, 15:14:54 WIB

PEKANBARU,Detakriaunews.com - Meski jumlah calon jamaah haji (CJH) Riau 2018 mencapai 5.302 orang, namun yang benar-benar istithaah (mampu) secara kesehatan hanya 927 orang. Bahkan 5 JCH dinyatakan gagal berangkat haji karena mengidap penyakit gagal ginjal, kanker stadium IV, hamil dan dimensi berat.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir mengatakan, istithaah haji bukan hanya bicara kemampuan materi tapi juga soal kesehatan. Sehingga, hasil tes kesehatan sangat penting. Dari jumlah 5.302 JCH itu sendiri, hanya 927 JCH yang betul-betul memenuhi syarat istithaah. Sedangkan, 4.353 JCH memenuhi syarat dengan pendampingan.

"Hasil tes kesehatan ini yang menjadi pertimbangan apakah kondisi kesehatan calon jamaah haji tersebut memungkinkan untuk diberangkatkan atau tidak. Karena sakitnya dimensi berat, jadi tidak bisa," kata Kadiskes Riau, Mimi Yuliani Nazir kepada GoRiau.com di Pekanbaru, Rabu (11/07).

Selain 5  CJH itu, lanjut Mimi, ada juga 17 jamaah yang tidak lulus istithaah. Akan tetapi, 17 jamaah ini bisa diberangkatkan setelah melakukan tes kesehatan kembali. Kemudian, hasilnya akan diterima dua hari menjelang keberangkatan haji sesuai dengan kloter.

"Yang 17 jamaah ini bisa diberangkatkan setelah ada tes selanjutnya dan dinyatakan sehat," sebutnya.

Untuk diketahui, jadwal keberangkatan JCH Riau sendiri dimulai pada 18 Juli melalui embarkasi Batam dan kloter terakhir akan diberangkatkan pada 13 Agustus 2018. Diperkirakan JCH hang berangkat sebanyak 5.050 jamaah dan selebihnya cadangan.

Adapun jumlah kloter Riau sebanyak 16 kloter penuh dan 2 kloter gabungan. Untuk kloter penuh semua petugas berasal dari Provinsi Riau yang terdiri dari TKHI 11 dokter dan 22 perawat serta TKHD 3 orang dokter dan 1 orang perawat. (GoRiau.com)

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia