Diganti Uang Koin, Pemerintah Arab Saudi Tarik Uang Kertas 1 Riyal

  • DRN
  • 27 Mei 2018, 19:00:45 WIB

Riyadh, Detakriaunews.com – Terhitung sejak Kamis (24/05) lalu, Otoritas Moneter Arab Saudi (SAMA) telah menarik uang kertas 1 riyal dari peredaran. Nantinya, uang dengan nominal 1 riyal akan diganti dengan uang koin.

Berita penarikan uang kertas 1 riyal tersebut, telah diumumkan SAMA melalui situs resminya pada Rabu (23/05) lalu.

"Meski demikian, uang kertas 1 riyal Arab Saudi akan tetap beredar dan berlaku sampai benar-benar telah ditarik dari perdagangan dengan penyesuaian rencana waktu tertentu," tulis pengumuman SAMA. Melansir dari Al Arabiya, uang kertas 1 riyal telah menyumbang hingga 49 persen dari volume uang tunai yang diperdagangkan.

Tingginya jumlah tersebut, lantaran uang kertas 1 riyal lebih banyak dipakai dalam jual beli dibandingkan disimpan di bank. Pada Desember 2016, Otoritas Moneter Saudi telah mengungkapkan edisi keenam mata uang riyal Saudi, termasuk di antaranya koin 1 dan 2 riyal.

Selain itu, SAMA juga menunjukkan koin denominasi untuk nominal 50, 25, 10, 5 dan 1 halalah. Satu riyal sama dengan 100 halalah. Dalam gambar yang telah dirilis SAMA, koin 1 riyal akan memuat potret Raja Salman dengan warna perak di tengah pada bagian muka. 

Kemudian di sisi kanan tertulis nama dan gelar raja terukir dalam bingkai emas, dan di kiri ada terdapat motif tanaman yang mencakup lambang nasional kerajaan. Pada sisi belakang, nominal koin ditulis pada bagian tengah sebagai angka perak, dalam huruf Arab di bagian atas dan dalam bahasa Inggris pada bagian bawah.

Seperti pada sisi muka, di bagian samping kiri terdapat motif tanaman yang mencakup lambang nasional kerajaan. Angka tahun Hijriah 1438 dimuat pada bagian atas dan tahun 2016 terukit di bagian bawah. BRB

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia