Dikira Bom, Suara "Ledakan" Bikin Warga Pekanbaru Panik

  • DRN
  • 18 Jul 2016, 16:05:51 WIB

Pekanbaru, Detakriaunews.com – Kota Pekanbaru heboh! Suara ledakan dengan dentuman besar membuat warga Pekanbaru mendadak panik, senin siang (18/7). Tidak ada suara memekakkan telinga, dentuman keras tersebut juga membuat atap rumah bahkan sebagian dinding bangunan bergetar. Warga menduga pekanbaru dilanda gempa.

“kami panik, saya bawa anak lari keluar rumah, takut gempa, rumah saya bergetar” ujar yesi, warga purwodadi

Kecemasan warga juga terlihat dari sejumlah status di media sosial dan Blackberry,

“suara apa ituuuu?? Kuat sekali, takut kami” tulis dewi jalan rambutan

Terkait adanya suara ledakan yang didengar oleh masyarakat Pekanbaru, dipastikan berasal nya dari suara mesin pesawat tempur F16 yang tengah uji coba dilangit kota Pekanbaru. Kabar ini dipastikan melalui konfirmasi para awak media di group whatsApp Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru dan dipertegas oleh Danlanud Roesmin Nurjadin, Marsma Henri Alfiandi.

"Pesawat tempur kita kalau sehabis ganti mesin atau perawatan itu biasanya diirngi uji terbang (test flight). Dicoba sampai batas maksimum kemampuan,Termasuk dites menembus kecepatan batas suara. Kalau lokasinya di areal zero-zero," jelas Danlanud Roesmin Nurjadin, Marsma Henri Alfiandi.

Danlanud pun meminta masyarakat untuk tidak khawatir dan menduga-duga, sebab proses ini uji tes tersebut wajib dilakukan untuk kesiapan AU, jadi bukan suara bom apalagi pesawat jatuh.

Seperti diketahui pesawat tempur F16 memiliki daya terbang melampaui kecepatan suara, sehingga menghasil suara dentuman sonic atau sonic boom yang begitu keras. (***)

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia