Diskes Kabupaten Pelalawan Rilis Beberapa Penyakit Sering Muncul Setelah Lebaran

  • DRN
  • 18 Jun 2018, 13:45:45 WIB

PANGKALAN KERINCI, Detakriaunews.com - Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Pelalawan merilis beberapa penyakit yang sering muncul setelah hari Raya Idul Fitri. Masyarakat diminta waspada dan tetap menjaga kesehatan.

Menurut Kepala Diskes Pelalawan, dr Endid Romo Pratiknyo, ada beberapa masalah kesehatan yang timbul usai Lebaran. Dikarenakan satu bulan penuh berpuasa dengan pola makan yang berbeda. Kemudian pola makan berganti lagi setelah hari Raya Idul Fitri dengan menu makanan yang sangat beragam.

"Intinya sih adanya perubahan pola makan. Dari biasanya, kemudian berpuasa, baru Lebaran yang terkenal banyak makanan," ungkap dr Endid Romo Pratiknyo kepada Detakriaunews.com, Senin (18/6/2018).

Biasanya, kata Endid, gangguan kesehatan yang terjadi seperti Infeksi Saluran Pernafasan Atas (Ispa), sakit perut, diare, hingga infeksi magh. Hal ini juga kadang disebabkan perubahan musim atau cuaca.

Disisi lain penurunan daya tahan tubuh juga sering melanda masyarakat akibat begadang dan makanan yang tak terkontrol. Warga diminta tetap menjaga pola dan porsi makan dengan teratur.

"Jangan karena selera tinggi, jadi lupa menjaga kesehatan. Ini yang sering terjadi," tandasnya.(TribunPekanbaru.com)

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia