Dituding Berpihak Kepada Perusahaan, Gembara Tolak Pengesahan RTRW Riau

  • DRN
  • 28 Sep 2017, 12:36:58 WIB

Pekanbaru, Detakriaunews.com - Belasan massa aksi dari Gerakan Massa Bela Masyarakat Riau (Gembara) menggelar aksi unjuk rasa sampai di halaman Kantor Kapolda Riau, Kamis (28/09) siang. Massa menolak pengesahan Perda RTRW Riau, karena dituding syarat akan kepentingan serta dinilai terlalu berpihak kepada perusahaan bukan rakyat kecil.

Pasca disahkannya Perda RTRW Riau oleh pihak DPRD Riau pada Senin (25/09) lalu, ternyata malah menuai pro dan kontra ditengah masyarakat. Meski pengesahan RTRW Riau memakan waktu cukup lama dan sempat memanas, namun ternyata masih banyak kekurangan yang dimiliki.

Dalam orasinya, Koordinator Aksi, Hendro menyampaikan, bahwa pengesahan Perda RTRW Riau banyak kekurangan karena terlalu berpihak kepada perusahaan bukan rakyat kecil. Padahal selama ini, mereka dituding sebagai penyebab terjadinya kasus kebakaran hutan dan lahan di Riau.

"Kepada Polda Riau, kami meminta agar pengesahan RTRW Riau segera diusut. Kami menolak tegas, karena tidak ada transparansi kepada masyarakat. Kami tidak ingin masyarakat Riau terus dijajah oleh pihak korporasi, yang telah mengusasi sebagian besar lahan di Riau," ungkap Hendro saat menyampaikan orasinya, Kamis (28/09).

Aksi unjuk rasa yang berlangsung sekitar 1 jam ini, mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian. Setelah puas berorasi, akhirnya massa aksi membubarkan diri dengan tertib. BRB

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia