Advertorial Bengkalis

DPRD Bengkalis Perjuangankan Usaha Tambang Pasir Milik Rakyat

12 Okt 2017, 15:14:26 WIB

Bengkalis, Detakriaunews.com – DPRD kabupaten Bengkalis menyoroti dengan serius permasalahan penambangan pasir yang dilakukan masyarakat pulau rupat. Keseriusan itu diperlihatkan oleh DPRD Bengkalis dengan menampung semua aspirasi kelompok masyarakat penambang pasir dan berbagai usulan lintas instansi.

Rumitnya permasalahan penambang pasir di pulau rupat menjadi perhatian di kalangan DPRD Bengkalis. Kerumitan ini terlihat usaha penambangan pasir yang dilakoni rakyat telah dilakukan puluhan tahun dan menjadi sumber komoditi masyarakat pulau rupat untuk mencari rejeki dari hasil penambangan pasir ini.

Di sisi lain kewenangan izin tambang ini sudah tidak ada di kabupaten bengkalis dan sudah diambil alih ke tingkat yang lebih tinggi di level Provinsi. Sudah terhentinya usaha penambangan rakyat di pulau rupat karena tidak mengantongi izin legal sejak dua bulan yang lalu menjadi perhatian serius DPRD Bengkalis. Keseriusan ini di perlihatkan DPRD Bengkalis dengan mengumpulkan seluruh pemangku kepentingan dalam wadah rapat dengar pendapat lintas komisi dan lintas instansi yang dilaksanakan pada 9 oktober 2017 yang lalu bertempat di ruangan komisi dua DPRD Kabupaten Bengkalis.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Bengkalis, menggelar rapat dengar pendapat lintas komisi dan lintas instansi. Dalam rapat dengar pendapat ini, dipimpin wakil ketua DPRD Bengkalis, Indra Gunawan eet, Ph. D dan instansi yang hadir yakni kasatpol air bengkalis, utusan TNI Angkatan Laut, Dinas Lingkungan Hidup Bengkalis, Satpol PP bengkalis, camat rupat, kelompok masyarakat penambang pasir.

menurut kelompok penambang pasir rupat- subari menjelaskan usaha penambangan pasir masyarakat, secara tradisional sudah berlangsung sudah sejak puluhan tahun, dan masyarakat penambang saat ini tidak bisa lagi menambang pasir, karena tidak mendapatkan izin dari pemerintah Provinsi Riau, maupun kementrian pertambangan. Sementara sebanyak 153 kk sangat bergantung kehidupannya dari aktivitas penambangan pasir ini.

 

Halaman Berikutnya:

1 2 3 4 5 NEXT

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

loading...