DPRD Siapkan SOP Dan Regulasi Penanganan Kebakaran Hutan

  • DRN
  • 28 Jul 2015, 15:26:12 WIB

Detakriaunews.com-Makin banyaknya titik api  di Provinsi Riau membuat DPRD geram. Apalagi pemerintah terkesa bergeming saja menghadapi bencana tahunan ini. Wakil Ketua DPRD Riau Noviwaldy Jusman akan mengajak komisi-komisi terkait untuk menyiapkan SOP dan regulasi penanganan karhutla di Riau sebagai upaya pencegahan.

" Kita ketahui sekarang titik hot spot di riau sudah cukup segnifikan. Di tambah daerah tetangga juga mengalami kebakaran hutan jadi membuat kabut asap semakin parah. Kami wakil pimpinan DPRD bersama Komisi A akan membahas upaya-upaya pengawasan penindakan hukum dengan membuat SOP(standar oprasional prosedur) tentang pennganan pertama karhutla," ujar Noviwaldy Jusman (28/07)

Pria yang sering di sapa Dedet ini mengatakan untuk pennganan pertama masalah karhutla ini,  jika terjadi kebakaran di masing-masing desa akan dibentuk kelompok yang berjumlah 5 orang kemudian mereka akan di berikan intensif, peralatan dan pakaian kemudian sistem komunikasinya.

" Saya akan berkordinasi dengan Komisi A untuk membuat regulasinya termasuk SOP bagaimana kordinasi desa yang satu dengan desa tetangga untuk menangani masalah kebakaran hutan dan lahan ini. Jika desa yang satu tidak bisa mengatasi masalah tersebut mereka bisa meminta bantuan kepada desa terdekat Karena itu  masihng2 desa akan kami berikan peralatan lengkap,"tuturnya.

Dedet menambahkan anggaran pembentukan kelompok di setiap desa ini akan di bentuk terlebih dahulu payung hukumnya agar kedepannya tidak terjadi masalah dalam pengerjaanya.

" Anggaran  berasal dari APBD Riau yakni dari dana untuk bencana dan dana cadangan. Dana itulah  yang akan kita gunakan untuk setiap desa. Ini bentuk usulan kita  DPRD ke  pemprov," tutupnya. (DP)

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia