Dua Orang Ditetapkan Tersangka Kasus Perambahan HPT Batang Lipai

  • DRN
  • 25 Jun 2015, 14:26:06 WIB

BANGKINANG, detakriaunews.com - Dinas Kehutanan Kampar melimpahkan kasus perambahan hutan ke Satuan Reserse Kepolisian Resor Kampar. Dalam kasus ini dua orang ditetapkan sebagai tersangka. Kedua  tersangka  adalah  Joni selaku pemilik alat berat dan lahan. Satu lagi Japri Ramadani selaku operator alat berat. Pelimpahan itu dilakukan Dinas Kehutanan untuk menghindari intervensi dalam penanganan kasus.

Pelimpahan kasus itu dibenarkan oleh Kepala Bidang Perlindungan dan Penataan Hutan Dinas Kehutanan Kampar Darwin Saragih. Namun ia enggan berkomentar lebih rinci terkait kasus tersebut. "Kita sudah limpahkan. Nggak enak kami yang komentar. Silakan langsung aja ke Polres," katanya.

Sementara itu Kapolres Kampar AKBP Ery Apriyono SIK melalui Kasat Reskrim Polres Kampar AKP Herfio Zaki juga membenarkan penetapan tersangka tersebut.

Namun ia menegaskan bahwa penetapan tersangka dilakukan oleh Dinas Kehutanan sebelum berkas dilimpahkan. " Dishut yang tetapkan tersangka. Alasannya banyak intervensi," ujarnya.

Zaki mengatakan, sejak dilimpahkan awal bulan lalu, pihaknya belum memeriksa kedua tersangka. Dimana, penyidik belum melakukan penahanan terhadap kedua tersangka. Ia menuturkan, pemeriksaan terhadap tersangka akan dilakukan jika diperlukan. Saat ini, penyidik masih menjadwalkan pemeriksaan saksi-saksi. Termasuk meminta keterangan saksi ahli.

Menurut Zaki, penyidikan di Polres juga masih ada intervensi. Bahkan ada pihak yang berkomunikasi dengan Kepala Polres Kampar. "Tapi beliau (Kapolres) perintahkan, kasus tetap lanjut. Membuka lahan di dalam kawasan hutan harus ditindak," tandasnya.

Halaman Berikutnya:

1 2 NEXT

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia