Gaji Ke-13 dan Ke-14 PNS Pelalawan Tunggu Juknis

18 Jun 2016, 11:18:31 WIB

Pangkalan  kerinci, Detakriaunews.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan melalui Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah (BPKAD), belum dapat mencairkan pembayaran gaji 13 dan 14 Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Pasalnya, hingga saat ini Pemerintah Pusat melalui Menteri Keuangan (Menkeu) RI belum mengirimkan Surat Edaran tentang petunjuk teknis pelaksanaan pemberian gaji tersebut. Selain itu, Menkeu juga belum melakukan transfer Dana Alokasi Umum (DAU) ke kas daerah (Kasda) Pemkab Pelalawan.

"Ya, hingga saat ini kami masih menunggu juknis serta transfer DAU dari Menkeu yakni Peraturan Pemerintah (PP) terkait penyaluran gaji 13 dan gaji 14 para PNS di lingkungan Pemkab Pelalawan. Untuk itu, kita harap Surat Edaran tentang petunjuk teknis pelaksanaan pemberian gaji ini dapat dikirimkan Menkeu pada masing-masing daerah khususnya Kabupaten Pelalawan, sehingga para PNS di Kabupaten Pelalawan bisa bernapas lega merayakan Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah/2016 Masehi ini,” terang Sekdakab Pelalawan Drs HT Mukhlis MSi melalui Asisten Administrasi Bidang Keuangan dan Setdakab Pelalawan Ir Arizal MSi didampingi Kabag Keuangan Hanafie SSOs MSi, Jumat (17/6) di Pangkalankerinci.

Diungkapkannya, bahwa gaji 13 ini merupakan pengganti tunjangan hari raya (THR) yang nilainya sama dengan gaji satu bulan untuk membantu PNS dalam menghadapi Idul Fitri.

Sedangkan gaji 14, merupakan bentuk perhatian pemerintah terhadap para ASN yan selama ini gajinya tidak kunjung naik. Tapi untuk gaji 14 ini lebih kepada untuk biaya masuk sekolah anak dan sebagainya.

"Kendati masih menunggu juknis dan transfer DAU dari pusat, namun Pemkab telah mengalokasikan dananya yang telah disiapkan dan akan diambil dari dana alokasi umum (DAU). Dimana dana untuk gaji 13, telah dialokasikan dananya sebesar Rp22 miliar dan gaji 14 sebesar Rp20 miliar.(izl/rpg)

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

loading...