Ganjal Mesin ATM Pakai Tusuk Gigi, Dicky Kuras 33 Kartu ATM Warga

  • DRN
  • 02 Des 2017, 15:41:29 WIB

Pekanbaru, Detakriaunews.com – Polsek Sukajadi berhasil mengamankan seorang pelaku kejahatan bernama Dicky Wahyudi (61), yang menggunakan modus ATM nyangkut dengan menggunakan tusuk gigi. Dari tangan pelaku, polisi berhasil menyita sebanyak 33 buah kartu ATM milik warga serta uang tuai sebesar Rp 1 juta.

Jika diperhatikan sekilas, tampang Dicky Wahyudi mengesankan pria baik dan terhormat. Namun siapa sangka, warga Pasaman - Sumatera Barat tersebut merupakan dedengkot penjahat pengincar nasabah bank pemilik kartu ATM di Pekanbaru.

Seperti dilansir dari laman Riauterkini.com, aksi Dicky Wahyudi akhirnya dihentikan aparat Polsek Sukajadi pada Sabtu (02/12) dini hari di Hotel Cititel Jalan Sisingamaharaja sekitar pukul 3.00 WIB, setelah dilaporkan seorang korban pemilik ATM Bank Mandiri. 

Dalam laporan singkat Polresta Pekanbaru kepada Bagian Humas Polda Riau, dijelaskan bahwa yang melaporkan Dicky adalah Syamsu Bahri (53) warga Jalan S Parman Pekanbaru, ia jadi korban kejahatan Dicky ketika hendak melakukan transaksi perbankan lewat ATM Mandiri di RS Eria Bunda Jalan KH Ahmad Dahlan pada Selasa (10/10/2017) lalu, sekitar pukul 21.45 WIB. 

Ketika itu, korban gagal melakukan transfer di ATM tersebut karena kartu ATM-nya tak bisa masuk, lalu datang seorang pria tak dikenal yang belakangan diketahui merupakan Dicky pura-pura menolong korban dengan cara meminta korban menekan PIN ATM serta nominal uang yang akan ditrasfer lalu menekan tombol OK. Transaksi gagal dan yang keluar adalah kertas kosong. Saat hendak bertanya lagi, pria tak dikenal tersebut sudah menghilang. 

Korban lantas mencoba mentransfer di ATM Mandiri di UIN Suska, namun lagi-lagi gagal dan ketika itu dari SMS Banking masuk pemberitahuan kalau saldo ATM-nya sudah berkurang. Merasa menjadi korban kejahatan, Syamsul Bahri lantas melapor ke polisi. 

Berdasarkan laporan korban, Polsek Sukajadi mulai melakukan penyelidikan dan penelusuran, akhirnya didapat informasi pria yang pura-pura menolong Syamsul Bahri berada di Hotel Cititel dan dilakukan penangkapan dini hari tadi. 

Dari hasil intrograsi, Dicky mengaku sudah beberapa bulan ini melakukan kejahatan dengan modus mengganjal mesin ATM dengan tusuk gigi. Dari tangan pelaku disita 33 kartu ATM berbagai bank dan uang Rp 1 juta. Kepada penyidik Dicky merincikan yang telah dijarah dari puluhan korban di sejulah mesin ATM di Pekanbaru. 

Uang terbesar yang pernah dikuras Dicky sebesar Rp 51 juta dari ATM Mandiri SPBU Jalan Imam Munandar, kemudian Rp 15 juta dari ATM Mandiri di Arena Pool Jalan Kuantan Raya. Dana terkecil yang didapat pelaku dari korban Rp 1 juta. Jika ditotal, pelaku sudah menguras lebih dari seratus juta dari ATM-ATM para korban. BRB

 

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia