Giliran DLHK Sanggah Tudingan Dana Siluman

Pekanbaru,Detakriaunews.com - Bantahan adanya dana siluman dalam APBD P 2017 seperti yang dituduhkan anggota DPRD Kota Pekanbaru juga disampaikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru,Zulfikri.

Zulfikri menyatakan tidak sepakat jika dana untuk pengangkutan sampah dalam APBD P senilai 1.6 M disebut dengan dana siluman, karena dana yang dimaksud juga ada dan jelas peruntukkanya.

"Sekarang yang dimaksud dana siluman itu apa?"tanya Zulfikri,Selasa (14/11).

Pada kesempatan itu, Zulfikri juga memaparkan kronologi  munculnya dana sejumlah penyewaan armada pengangkutan sampah dalam APBD P 2017.

Menurutnya pengganggaran itu sesuai usulan yang disampaikan DLHK saat Walikota mempertanyakan mengenai kendala DLHK dalam pengangkutan sampah yang mendapat sorotan banyak pihak.

"Semula saya usulkan 10 aja cukup tapi Pak Walikota suruh kami kaji ulang dan kami usulkan 50 armada dari kebutuhan  idealnya 130 armada,"sebut Zulfikri. 

Dilain sisi perihal komunikasi pihak eksekutif dan legislatif terkait pengganggaran dana penyewaan armada pengangku sampah ditegaskan Zulfikri bukanlah kewenangan dari DLHK.Sebab sebelum APBDP disahkan, pembahasan anggaran sudah dilakukan oleh Tim ANggaran Panitia Daerah atau TAPD.

"DLHK  sesuai tugasnya  hanya mengajukan anggaran ke Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD),"imbuhnya.

Saat tender sewa 50 unit mobil sampah itu dimenangkan oleh PT Sedayu Citra Mobil. Pemko Pekanbaru melakukan penyewaan mobil itu selama 55 hari ke depan sejak 5 November lalu. (desy)

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).