Gubri Andi Rachman Sebut Jatah APBD Riau Untuk Rohul Meningkat

14 Jun 2017, 11:04:32 WIB

Detakriaunews.com, PASIRPENGARAIAN- Gubernur Riau Ir. Arsyad Juliandi Rachman menyatakan komitmenya untuk mendukung Pembangunan di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul). Komitmen tersebut dibuktikan dengan Besarnya Kucuran Dana APBD dari Proinsi Riau Setiap Tahunya untuk “Negeri Seribu Suluk” ini.

Pernyataan Tersebut disampaikan Gubernur Riau Ir, Arsyad Juliandi Rachman Selasa (13/6) malam,  Saat melakukan Kunjungan Safari Ramadan Pemprov Riau, Di masjid Agung Madani Islamic Center Pasirpengaraian.

Dalam Safari Ramadan tersebut Hadir Bupati Rokan Hulu H.Suparman S.sos, Wakil Bupati Rohul H.Sukiman, Asisten II Setdaprov Riau Masperi, Sekda Rohul Damri Harun, Ketua TP PKK Riau, Hj Sisilita Arsyad Juliandi Rachman, Ketua TP PKK Rohul, Oppy Afdayanti Suparman, Pejabat dilingkungan Pemprov Riau dan Pemkab Rohul, serta Ribuan Masyarakat Rohul yang hadir.

Dihadapan Ribuan masyarakat Rohul, Gubri menyampaikan bahwa Rohul merupakan salah satu daerah terpenting di provinsi Riau. Selain memiliki jumlah penduduk yang termasuk besar, kabupaten ini juga merupakan salah satu sentra ekonomi Riau, khusunya Komoditi kelapa sawit.

Selain itu, Sebagai salah satu daerah yang mengalami kesejangan fiskal di Provinsi Riau, Gubri Mnegakui Pemprov Riau memiliki kewajiban medukung Rohul, agar pembangunan di daerah ini tidak terganggu. Untuk itu, pada tahun 2017 ini, Pemerintah Provinsi Riau  mengucurkan anggaran Sebesar Rp 460 Miliar Rupiah, dari Dana APBD Riau 2017. Alokasi Anggaran tersebut meningkat dibandingkan alokasi 2015 Sebsar Rp 245 Milyar, dan tahun 2016 Rp 315 milyar.

Bahkan, di tahun 2018 sebut gubri, Pemprov Riau Bakal Mengusulkan Anggaran sebesar Rp 680 miliar Kabupaten Rokan hulu, dimana Sebagian besar anggaran tersebut diperuntukan untuk pembangunan Infrastruktur jalan dan jembatan yang menjadi kewewnangan Pemporv riau. 

Menurut Gubri, sebagian besar dana yang dikucurkan Pemprov Riau ke Rohul itu, umumnya diperuntukan untuk pembangunan infrsatruktur jalan dan jembatan, mengingat Panjangnya jalan lintas Provinsi yang terbentang di seluruh daerah rohul yang menghubungkan antar kabupaten dan provinsi tetangga.

 

“Semua jalur itu adalah jalur ekonomi yang sangat potensial bagi kepentingan peningkatan ekonomi riau dan ekonomi nasiona,  jadi wajar pemprov riau memperhatikan rohul lebih dari sisi infrastruktur, untuk menunjang kelacaran ekonomi dalam distribusi barang yang dihasilkan rohul termasuk kabupaten kota yang ada disekitarnya” jelas Gubri.

Gubri menegaskan, Penempatan Anggaran yang dilakukan Pemprov disetiap kabupaten Kota, tetap mengacu pada perencanaan, prioritas pembangunan, serta dampak pembangunan bagi peningkatan indeks ekonomi Provinsi Riau dan Juga nasional. Salah satu contohnya yaitu pembangunan ruas jalan provinsi di perbatasan yang bisa langsung dimanfaatkan masyarakat.

“Itulah mengapa pemprov riau menempatkan anggaran lebih untuk kabupaten rokan hulu, hal itu dikarenakan rohul banyak memiliki akses yang menyambungkan riau, dengan daerah dan provinsi lain, sehingga sangat besar dampaknya untuk kepentingan ekonomi provinsi dan nasional.” Pungkasnya. (Adv/humas)

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

loading...