Hadiri Kenduri Melayu, Bupati Bengkalis : Budaya Ratib Togak Harus Dilestarikan

27 Okt 2017, 10:08:54 WIB
Duri, Detakriaunews.com – Bupati Bengkalis Amril Mukminin Kamis (26/10)  menghadiri dan membuka secara resmi Kenduri Melayu dan Budaya Ratib Togak serta Pagelaran Seni Budaya Melayu  di halaman Gedung LAMR Desa Balai Pungut Kecamatan Pinggir. 

Dalam sambutannya Amril mengatakan bahwa Ratib Togak adalah salah satu seni budaya merangin yang lahir setelah masuknya agama Islam pada abad ke-13 M. Budaya ini beradaptasi dan berakulturasi antara budaya islam dengan budaya melayu tua di Merangin. Dari hasil perkawinan budaya inilah maka lahir sebuah bentuk budaya baru pada masa itu yang disebut Ratib Togak.
 
" Seni budaya yang mengagungkan Asma Allah SWT ini sudah selayaknya dilestarikan. Bahkan akan lebih baik jika kegiatan ini tidak lagi hanya ditemui pada bulan suci Ramadhan saja," Ujarnya.

Ratib togak dilakukan oleh nenek moyang kita untuk mengagung- agungkan asma Allah pada acara keagamaan seperti menyambut bulan Ramadhan, lebaran, dan hari besar Islam lainnya. Biasanya acara ini dilakukan di langgar atau mesjid yang lantainya terbuat dari papan yang berbentuk panggung sehingga hentakan kaki pada lantai tersebut dapat menghasilkan bunyi pada saat ratib berlansung, irama yang dilantunkan mengikuti hentakan kaki tersebut.

Hadir pada acara ini adalah Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bengkalis Susianto SR yang juga anggota DPRD Dapil Pinggir, Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis Kasmarni, Camat Pinggir Djamaluddin, Plt. Kadis  Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Pariwisata Kabupaten Bengkalis T. Ilyas dan beberapa pejabat lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Halaman Gedung LAMR Desa Balai Pungut dipenuhi masyarakat Kecamatan Pinggir dan khususnya dari Desa Balai Pungut. Khalifah Darwis yang mewakili panitia menyampaikan laporannya dan sekaligus mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Camat Pinggir, Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Pariwisata Kabupaten Bengkalis dan Bupati Bengkalis yang telah menginisiasi kegiatan ini.

Pembukaan keduri adat dan Melayu Ratib Togak ditandai pemukulan gong oleh Bupati Amril di damping Ketua Tim Penggerak Pkk Kasmarni Amril, Camat Pinggir Djamaludin, Plt  Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Pariwisata Tengku Iliyas.(JR)

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

loading...