Hari Ini Panas, Ternyata Riau Dikelilingi 15 Hotspot

  • DRN
  • 12 Feb 2018, 16:38:55 WIB

Pekanbaru, Detakriaunews.com – Memasuki musim kemarau, Badan Meteorologi Krimatologi dan Gesofisika (BMKG) Pekanbaru memantau ada sebanyak 15 titik api yang berada di Provinsi Riau. Berdasarkan Data Satelit Modis Terra dan Aqua, ditemukan 16 titik panas (hotspot) di wilayah sumatera dan 15 titik berada di Provinsi Riau.

Dari 15 titik tersebut dengan level confidence diatas 70% terdapat 9 titik yaitu 5 di Kabupaten Meranti 2 di Kabupaten Pelalawan dan 2 titik di kabupaten Indragiri Hilir (Inhil).

Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologo Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru, Slamet Riyadi menjelaskan, bahwa saat ini Riau sedang memasuki masa transisi ke musim panas. Masyarakat diminta untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan, karena kondisi lahan yang mulai mengering akibat curah hujan yang rendah.

“Berdasarkan hasil monitoring cuaca, pada umumnya cuaca di Provinsi Riau saat ini cerah berawan. Selain itu, juga ada potensi hujan ringan disebagian wilayah yang ada Riau bagian barat dan selatan,” beber Slamet Riyadi kepada Detakriaunews.com, Senin (12/02).

Untuk prakiraan tingkat kemudahan terjadinya kebakaran di wilayah Riau, pada umumnya berada pada kategori mudah hingga sangat mudah terbakar. Sedangkan untuk Wilayah Riau yang berada dalam kategori aman antara lain sebagian wilayah Riau bagian Barat, Selatan dan Pesisir Timur. BS

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia