Hari Minggu Wajib Datang ke CFD Pekanbaru, Seru Acaranya Bertabur Hadiahnya

Pekanbaru, Detakriaunews.com – Bersempena dengan Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 Tahun 2017, Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Kesehatan Provinsi Riau menggelar serangkaian kegiatan guna menyemarakan HKN di Riau. Puncak HKN di Riau akan dilaksanakan di area Car Freee Day (CFD) Pekanbaru pada tanggal 12 November mendatang, dengan sejumlah acara yang seru dan bertabur hadiah.

Sedikit berbeda dengan peringatan HKN tahun sebelumnya, peringatan HKN tahun ini dibuat lebih semarak sehingga banyak kegiatan yang bisa dinikmati oleh masyarakat. Mulai dari kegiatan senam bugar dalam rangka pemecahan rekor MURI, pengukuran tensi dan gula darah gratis, bazar buah dan sayuran segar, karnaval kesehatan, konsultasi kesehatan dan stan pameran produk kesehatan.

Wakil Sekretaris Panitia HKN Ke-53 Provinsi Riau, Rozita mengatakan, pada tahun ini banyak kegiatan yang kita laksanakan termasuk pemecahan rekor MURI. Hal ini bertujuan, agar masyarakat sadar betapa petingnya hidup sehat sehingga terbebas dari  segala macam penyakit.

“Selain terus meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, kita juga tidak bosan untuk memberikan edukasi tentang pentinya berperilaku hidup sehat dalam kegiatan sehari-hari. Silahkan datang ke ajang CFD pada Minggu (12/11) pagi nanti, ajak keluarga dan orang tersayang untuk cek kesehatan gratis dan senam rekor Muri. Kita nanti juga akan melakukan Video Conference dengan ibu Menteri Kesehatan dan Pak Jokowi, jadi bakalan rugi banyak nih kalau nanti gak datang,” ujar Rozita kepada Detakriaunews.com, usai melakukan dialog di Studio Riau Televisi, Jumat (10/11) siang.

Sementara itu, Direktur RSUD Arifin Achmad Pekanbaru, Dr Nuzely Husnedi mengatakan, masyarakat perlu mendapatkan edukasi yang lebih banyak sehingga pemahaman tentang Germas bisa diterapkan dan diwujudkan. Germas merupakan sebuah tindakan sistematis dan terencana, yang dilakukan mulai dari kalangan keluarga terlebih dahulu.

“Dalam hal keberhasilan pelayanan kesehatan, selama ini kita hanya fokus kepada upaya kuratif dan rehabilitatif. Namun kita lupa, bahwa upaya promotif dan preventif ternyata sangat jauh berdampak salah satunya melalui kegiatan Germas. Untuk Germas sendiri ada 6 program utama, yakni peningkatan aktifitas fisik (senama,lari dan bersepeda), peningkatan perilaku hidup sehat, penyediaan pangan sehat dan percapatan perbaikan gizi, peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, peningkatan kualitas lingkungan dan edukasi hidup sehat,” beber Dokter Nuzelly.

Rencananya, untuk lebih menyemarakan program Germas ke masyarakat maka Gubernur Riau – Arsyadjuliandi Rachman akan mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) tetang Germas. Selain itu, juga ada MoU bersama 18 OPD terkait di lingkungan Pemprov Riau untuk menyukseskan program Germas di masyarakat. BRB

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).