Hotel Mimosa "Makan" 2 Korban, Pekanbaru Terancam Gagal Raih Penghargaan K3

  • DRN
  • 05 Mar 2018, 16:13:02 WIB

Pekanbaru, Detakriaunews.com - Sejak proyek pembangunan Hotel Mimosa yang berlokasi di Jalan Riau dimulai pada pertengahan tahun 2016 lalu, hingga saat ini sudah ada 2 orang tenaga kerja yang meninggal akibat adanya kecelakaan kerja. Hal ini sangat disesalkan oleh Komisi III DPRD Pekanbaru, karena Penghargaan K3 dari Menteri Tenaga Kerja yang selama ini terus diraih bakal terancam lepas.

Ketua Komisi III DPRD Pekanbaru bersama sejumlah anggotanya, menggelar kunjungan lapangan (kunlap) ke lokasi pembangunan Hotel Mimosa, Senin (05/03) siang. Kegiatan kunlap ini, juga dihadiri oleh sejumlah perwakilan dari Dinas Tenaga Kerja dan anggota Satpol PP Pekanbaru.

Kunlap ini bertujuan, karena adanya laporan dari masyarakat yang masuk tentang tewasnya seorang tenaga kerja pada pekan lalu. Usut punya usut, selama pembangunan hotel berlangsung ternyata sudah ada 2 pekerja yang tewas di lokasi.

Pengawas lapangan proyek pembangunan Hotel Mimosa, Rian Antori mengatakan, korban yang tewas sudah diserahkan kepada keluarga. Semua urusan hingga pemakaman telah diurus pihak manajemen, termasuk pemberian uang santunan kepada keluarga korban.

"Kejadian ini, sekarang sudah diserahkan kepada pihak yang berwajib. Apakah ini murni kelalaian pekerja atau memang sebuah tragedi kecelakaan kerja. Saat ini para pekerja dilarang bekerja, karena garis police line masih terpasang. Sedangkan masalah perizinan atau malasah lainnya saya tidak mengetahuinya, karena saya cuma pengawas lapangan," ungkap Rian kepada Detakriaunews.com, Senin (05/03).

Ketua Komisi III DPRD Pekanbaru, Zulfan Hafis menilai, terjadinya 2 kali tragedi kecelakaan kerja di lokasi pembangunan hotel membuat pihaknya merasa cemas dan khawatir. Pasalnya, setiap tahun Pekanbaru selalu mendapatkan Penghargaan K3 karena zero accident (nol kecelakaan) yang terjadi.

"2 kali kecelakaan kerja di lokasi yang sama, ini bagaimana pengawasannya. Kalau memang sesuai standar keamanan kerja, harusnya kecelakaan ini tidak terjadi. Jangan sampai, gara-gara kejadian ini Pekanbaru malah gagal meraih Penghargaan K3. Dalam waktu dekat, pihaknya akan memanggil manajemen hotel untuk memberikan klarifikasi ke kita," ungkap Zulfan, didampingi anggota Komisi III lainnya seperti Aidil Amri, Maspendri dan Heri Pribasuki.

Selain tewasnya 2 pekerja dalam kurun waktu 6 bulan terakhir, pembangunan Hotel Mimosa juga sempat menuai kontroversi karena pembangunannya menyalahi izin yang diberikan oleh Pemko Pekanbaru. Dimana, izin yang diurus hanya untuk 11 lantai namun pembangunan dilapangan malah dibangun 14 lantai. BRB

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia