Ingat, Generasi Muda Muhammadiyah Jangan Takut Berpolitik

15 Nov 2017, 13:16:59 WIB

Pekanbaru, Detakriaunews.com - Bersempena Milad Muhammadiyah ke-10 tahun 2017, Universitas Muhammadiyah Riau menggelar acara Diskusi Publik yang mengusung tema melahirkan pemimpin lokal yang berdaulat, adil dan berkemajuan dalam proses yang bermoral serta bebas dari politik transaksional. Diskusi ini bertujuan, untuk mengajak generasi muda Muhammadiyah mengenal dunia politik dan menjadi pemimpin masa depan.

Hadir sebagai nara sumber dalam diskusi kali ini, Hajriyanto Y. Thohari selaku Ketua PP Muhammadiyah dan Hassanuddin selaku Ketua Ilmu Politik Universitas Riau. Selain itu, juga hadir Wan Abu Bakar selaku Ketua PW Muhammadiyah Riau beserta Rektor dan jajaran akademisi UMRI, bertempat di aula lantai 3 kampus 2 UMRI, Rabu (15/11) siang.

Ketua PP Muhammadiyah, Hajriyanto Y. Thohari mengatakan, kegiatan ini sangat bagus dalam rangka memberikan edukasi politik kepada generasi muda Muhammadiyah. Pasalnya, pemimpin dari generasi muda kini mulai berkurang karena banyak dari mereka yang menjauh dari dunia politik.

"Kita mau kader Muhammadiyah Riau bisa menjadi pemimpin masa depan, seperti jaman pak Wan Abu Bakar menjadi Gubernur Riau dulu. Namun kenyataannya, generasi muda milenial terutama yang berasal dari kalangan Muhammadiyah justru anti dengan dunia politik. Hal ini dipicu, karena tidak adanya kepercayaan terhadap pemimpin saat ini yang banyak tersangkut kasus korupsi," ungkap Hajriyanto kepada Detakriaunews.com, Rabu (15/11) siang.

Rektor Universitas muhammadiyah Riau, Mubarak mengatakan, meski Muhammadiyah tidak berpolitik namun pendidikan politik perlu diberikan kepada generasi muda. Hal ini bertujuan, agar para kader muda Muhammadiyah tidak terlibat ke dalam politik transaksional.

"Pengetahuan tentang ilmu politik semua warga negara memang wajib mendapatkannya, namun apakah anda-anda sekalian ingin terjun ke dunia politik, nah itu yang jadi pilihan. Kalau pun mau berpolitik, jangan sampai terlibat ke dalam politik transaksional," pesan Mubarak kepada peserta diskusi.

Dalam diskusi ini, juga dibuka sesi tanya jawab dengan para peserta sehingga memberikan kesempatan untuk saling bertukar pikiran. Rencananya, kegiatan ini akan rutin dilaksanakan setiap tahunnya, dengan menghadirkan sejumlah narasumber yang berbeda-beda dan berkompeten. BRB

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

loading...