Ingat, Sukep dan Suket bisa Digunakan Untuk Pilkada

  • DRN
  • 11 Jun 2018, 17:37:23 WIB

Inhil, Detakriaunews.com - Dinas Catatan sipil (Disdukcapil) Kabupaten Inhil  secara resmi menyerahkan Surat keterangan perekaman (Sukep) dan Surat keterangan ada dalam data base (Suket) kepada 20 Camat se Kabupaten Indragiri Hilir.

Berdasarkan Surat edaran yang dikeluarkan dsri Dirjen Kependudukan bahwa warga yang tidak memiliki e-KTP,  maka Disdukcapil Kabupaten/Kota boleh mengeluarkan surat dokumen lainnya sebagai pegangan warga untuk mengikuti tahapan pilkada Serentak tahun 2018 

Said Syarifuddin mengatakan, pihaknya sengaja mengumpulkan 20 Camat se Inhil untuk aatu persepsi dengan dikeluarkanya surat dari Dirjen Kependudukan, dengan harapan tidak ada halangan untuk melaksanakan Pilkada Serentak. 

"Sesuai surat dari Dirjen Kependudukan, maka Disdukcapil akan mengelurkan surat kependudukan yakni bagi yang tidak memiliki e-KTP bisa menguanakn Sukep dan bagi yang belum merekam bisa mengunakan Suket sebagai pegangan untuk ikut Pilkada," ungkapnya. 

Sementara itu, berdasarkan data dari Disdukcapil Inhil jumlah penduduk berdasarkan konsulidasi dari pusat semester II  tahun 2017  dengan jumblah total 617.628 dari jumlah ini penduduk yang wajib dilakukan e-KTP. Mereka berhak dan wajib mengunakan hak pilihnya pada pilkada serentak tahun 2018, berjumlah 446.799 dengan rincian ada 232.981 jumlah laki laki dan 213.794 jumlah Perempuan.

"Dengan di keluarkanya surat Dirjen Capil Pusat dan untuk kepentingan Publik yakni pilkada Maka disdukcapil kabupaten kota di izinkan untuk memakai surat keterangan yang ada dalam data bese inilah Rujukan oleh KPU inhil Untuk di Masukan di PKPU Bahwa warga yang  ini di pertimbangkan untuk bisa memilih," ujar Kadisukcapil Inhil.

Selain itu, Kadiscapil juga juga sudah berkodinasi oleh KPU dan Panwaslu Inhil karena masih ada warga yang tidak memiliki e-KTP namun memiliki Suket kependudukan maka mereka berhak masuk ke dalam data base dan berhak memilih. (Adv/Kominfo/YC)

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia