Ingatkan Para Mantan, KPU Minta Parpol Perketat Penyeleksian Caleg

  • DRN
  • 12 Jul 2018, 18:24:19 WIB

Pekanbaru, Detakriaunews.com - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Riau menghimbau seluruh partai pilitik, agar melakukan seleksi ketat terhadap para calon legislatif (caleg) menjelang pemihan legislatif yang akan berlangsung pada tahun 2019 mendatang. Pasalnya, ada sejumlah “mantan” yang tidak diperbolehkan untuk mencaleg dalam ajang Pileg 2019.

Komisioner KPU Riau, Abdul Hamid mengatakan, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi para caleg untuk dapat mendaftar ke KPU, salah satunya yakni harus menyerahkan pakta integritas.

"Isi pakta integritas ini, adalah pernyataan bahwa bacaleg yang mendaftar bukanlah mantan terpidana korupsi, kejahatan seksual terhadap anak serta bukan mantan terpidana bandar narkoba," paparnya.

Ia menambahkan, jika terbukti caleg tersebut pernah menjadi mantan terpidana korupsi atau mantan terpidana kejahatan seksual terhadap anak dan mantan terpidana bandar narkoba, maka para calon akan didiskualifikasi dari pendaftaran sebagai caleg.

"Nantinya, pakta integritas ini ditanda tangani oleh Ketua Partai. Jika ditemukan pelakukan pelanggaran, langsung dibatalakan pencalonannya," tuturnya. DP

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia