Ingin Ajukan Klaim Di BPJS Ketenagakerjaan ?? Baca Ini..

Pekanbaru, Detakriaunews.com -  BPJS Ketenagakerjaan merupakan perusahaan milik pemerintah yang dipercaya mengelola jaminan sosial. Untuk itu, BPJS Ketenagakerjaan selalu berkomitmen memberikan pelayanan optimal bagi peserta dan perusahaan pemberi kerja sebagai mitra.

Menyikapi banyaknya keawaman masyarakat mengenai pengajuan klaim berbagai program yang dimiliki BPJS Ketenagakerjaan ikut menjadi tanggung jawab pihak BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pekanbaru Kota.

Kepala kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pekanbaru Kota, Mias Muchtar mengatakan BPJS Ketenagakerjaan saat ini memiliki 4 program untuk peserta antara lain Jaminan hari tua, Jaminan kematian, Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Pensiun.

“ Empat program yang dimiliki ini tentunya bertujuan untuk memberikan perlindungan bagi pekerja dari berbagai resiko sosial dan ekonomi,” Ujarnya, Selasa (14/11) petang.

Pihaknya juga ingin memastikan, agar tidak terjadi kekeliruan atau kesalahpahaman saat pencairan klaim, pihaknya meminta agar peserta yang merupakan penerima upah memahami prosedur dan persyaratan pengajuan klaim.

Persyaratan utama sesuai antara lain Kartu Jamsostek / BPJS Ketenagakerjaan,  Surat rekomendasi atau surat referensi dari bekas perusahaan tempat bekerja beserta fotocopy Paklaring atau surat pengalaman kerja,  KTP asli dan fotocopy satu lembar,  Kartu keluarga asli dan fotocopy satu lembar, Buku tabungan asli dan foto copy serta Materai 6000 satu lembar.

“Jika seluruh persyaratan ini terpenuhi, pengajuan ini akan segera diproses dan peserta atau penerima upah akan menerima hak iurannya yang telah dipoton sebesar 2 persen dari penghasilan berikut dengan pengembangannya,” tambahnya.

Kemudahan ini merupakan jaminan komitmen BPJS Ketenagakerjaan agar tidak adalagi penerima upah yang tidak menerima haknya sebagai peserta jaminan ketenagakerjaan seperti Jaminan hari tua, Jaminan kematian, Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Pensiun.(red)

 

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).