Jadwal Penerimaan CPNS 2018 Bikin Galau, Ada Atau Tidak...?

  • DRN
  • 12 Jul 2018, 16:13:32 WIB

Pekanbaru, Detakriaunews.com - Hingga pekan kedua bulan Juli 2018 ini, belum ada kepastian jadwal penerimaan CPNS secara nasional. Kondisi ini membuat masyarakat ragu, atas keseriusan pemerintah.

Termasuk masyarakat Kota Pekanbaru. Sebab, sinyal penerimaan CPNS ini sudah lama dihembuskan Kemenpan-RB yakni sejak akhir tahun 2017 lalu.

Anggota Komisi III DPRD Pekanbaru Zainal Arifin SE menginginkan, agar ada kepastian yang jelas dari pemerintah, tentang CPNS tersebut. Sebab, pihaknya selalu menjadi sasaran pertanyaan warga, tentang kepastian janji yang sudah diumbar pemerintah tersebut.

"Harusnya kan, jika masih lama dibuka lowongan CPNS, tidak perlu dipublis dari awal. Hal-hal seperti ini yang harus disikapi. Sebab, kondisi masyarakat saat ini, memang membutuhkan pekerjaan yang pasti. Apalagi jadi PNS, sangat diidolakan. Jadi, jangan dianggap main-main," kata Zainal kepada Tribunpekanbaru.com, Kamis (12/7/2018).

Di Kota Pekanbaru sendiri, meski Pemko sudah mengusulkan jumlah formasi untuk CPNS ini, namun diakui jumlahnya tidak sebanding dengan kuota yang tersedia. Apalagi pengajuan tersebut, hanya berdasarkan pengganti jumlah CPNS yang akan dan sudah pensiun.

"Makanya kita minta disegerakan saja. Kalau memang janji awalnya Agustus ini dibuka, maka pemerintah pusat harus mempublis dari sekarang. Tidak ada ruginya. Sehingga nanti penerimaan CPNS ini, tidak terkesan sebagai alat politik Pemilu 2019. Informasikan saja sekarang," pintanya.

Adanya Rakornas, terkait pembahasan seleksi calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 di Jakarta Rabu kemarin, diakui Politisi Gerindra ini, kegiatan tersebut hanya lebih bersifat seremonial belaka.

Sebab, selain menghabiskan anggaran, juga dinilai tidak ada korelasi langsung tentang penerimaan CPNS tersebut. Apalagi masing-masing pemerintah daerah, sudah sejak awal mengusulkan formasi dan jumlah kuota CPNS di daerahnya. Di samping itu, untuk pelaksanaannya, ada regulasi yang mengatur tentang penerimaan CPNS tersebut.

"Kita tahu tujuan Rakornas itu bagus. Tapi dengan kondisi saat ini, kurang tepat terlalu banyak kegiatan seremoni. Memang dalam membangun komitmen instansi pemerintah pusat dan daerah, perlu sinergitas. Tapi teknisnya bisa dengan cara yang berbeda," katanya.

Karena sudah banyaknya keluhan masyarakat, dia meminta setelah Rakornas tersebut, pemerintah pusat segera menetapkan jadwal penerimaan CPNS. Seperti diketahui, jadwal pembukaan penerimaan CPNS. belum ada kepastian dari Kemenpan-RB. Namun dari arahan pusat, formasi yang paling banyak dibuka yakni bidang Kesehatan dan Pendidikan.

Untuk pelaksanaannya sendiri, menggunakan sistem Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), serta Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Seluruh tes menggunakan sistem berbasis komputer atau Computer Assisted Test (CAT). Pendaftaran CPNS akan dilakukan terintegrasi, melalui portal nasional via https://sscn.bkn.go.id dan tidak ada pendaftaran melalui portal mandiri oleh instansi. (TribunPekanbaru.com)

 

 

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia