Kecamatan Pulau Merbau, Tertinggi Kasus Filariasis

02 Okt 2015, 14:14:39 WIB

Kepulauan Meranti, Detakriaunews.com - Pencanangan bulan eliminasi penyakit kaki gajah di Meranti, sengaja dipusatkan pada Kecamatan Pulau Merbau. Pulau Merbau terpilih sebagai pusat pencanangan, mengingat kasus penyakit filariasis terbanyak berada di Kecamatan tersebut.

Daerah ini, merupakan daerah endemis filariasis atau penyakit kaki gajah. Dari data Dinas Kesehatan Meranti tercatat, ada 40 kasus filariasis yang ditemukan di Meranti. Dari jumlah tersebut, 38 diantaranya berada di Kecamatan Pulau Merbau, dengan 19 kasus kronis dan 19 kasus klinis.

Terkait tingginya kasus penyakit kaki gajah di Kecamatan Pulau Merbau, Camat Pulau Merbau memastikan, seluruh warganya mengkonsumsi obat tersebut dengan membagikannya langsung ke rumah warga.

“Sementara itu Pemkab Meranti, terus berupaya meminimalisir kasus filariasis tidak hanya mengimbau warga rutin minum obat, juga menggalakkan kebiasaan hidup bersih dan sehat melalui program PHBS,” ujar Sekdakab Meranti, Iqaruddin.

Tidak hanya filariasis, Pemkab Meranti juga terus berupaya memutus mata rantai peredaran penyakit menular lainnya, salah satunya demam berdarah. Sementara untuk penyakit malaria, Meranti sudah bebas malaria. (MI)

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

loading...